detikcom Do Your Magic

Rawan Tawuran, Jembatan Kota Paris Akan Jadi Taman 'Jembatan Persatuan'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 17:44 WIB
Barier untuk halangi akses tawuran dipasang di Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat
Jembatan Kota Paris (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) tak ingin gegabah untuk membongkar Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat. Jembatan yang kerap menjadi akses tawuran itu justru akan dibuat menjadi 'Jembatan Persatuan'.

"Jadi nanti dijadikan taman atau area hijau di situ, ditutup, sementara ditutup pakai drum dengan pepohonan, nanti akan ada yang lebih bagus, nanti dipasang plang, ditulis 'Jembatan Persatuan'," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam keterangannya lewat Humas Kominfo Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).

Meski tidak dirobohkan, jembatan tersebut rencananya tidak akan dibuka untuk akses jalan. Hal tersebut dilakukan sembari menganalisis permasalahan tawuran yang biasa terjadi di sekitar jembatan.

"Tapi tetap itu bukan menjadi akses jalan ya, tetap menjadi area hijau, sambil nanti dilakukan analisis lebih lanjut," lanjutnya.

Kini proses membuat Jembatan Persatuan sedang dalam tahap desain oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat. Jembatan tersebut dikatakan akan terealisasi dalam waktu dekat. Jembatan itu tidak akan menjadi berfungsi sebagai jembatan lagi melainkan sebagai taman, area hijau.

"Proses pembuatan desainnya sedang berjalan. Kalau desainnya sudah ada, kemungkinan dalam waktu dekat," ujar Dhany Sukma.

Selanjutnya, langkah pembongkaran tak akan langsung diputuskan.