Premi 10 Tahun Diubah Sepihak Jadi Seumur Hidup, Bisakah Saya Tuntut Asuransi?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 07:52 WIB
Ilustrasi Asuransi
Ilustrasi (shutterstock/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat yang mau ikut asuransi harus cermat dan teliti. Sebab, syarat dan ketentuan sangat banyak. Ditulis dalam pasal-pasal yang rumit. Bila salah memahami, bisa terjadi kesalahpahaman di belakang hari.

Hal itu diceritakan pembaca detik's Advocate di Sisingamangaraja, Bali, Charles Sinambela. Berikut cerita Charles yang dikirim lewat surat elektronik ke detik's Advocate:

Dear Tim detik's Advocate

Perkenalkan saya Charles Sinambela dari Bali, dengan kronologi sbb :

Saya nasabah asuransi, dengan 2 polis. Per bulan Rp 500 ribu di masing-masing polis. Saat ini umur polis sudah memasuki tahun ke-10 dengan 3 paket asuransi. Saat ini di tahun ke-10, nilai tunai saya di masing-masing polis adalah Rp 33 juta.

Pertanyaan saya, di form awal penawaran asuransi penyampaian oleh agen, bahwa saya bayar premi sampai 10 tahun. Bukti plan pembayaran 10 tahun saat edukasi masih saya punya di 2 polis.

Permasalahan timbul setelah saya tanyakan ke CS by email beberapa bulan yang lalu. Polis saya dan anak saya harus bayar premi seumur hidup. Kalau mau tidak bayar bisa diambil dari nilai tunai (masuk cuti premi). Sementara asuransi diambil untuk jaga-jaga ketika saya pensiun +/- 10thn lagi. Dan ketika pensiun pasti pendapatan saya menurun.

Dan bayangan saya, nilai tunai pun ketika ditarik bisa jadi nilainya tidak sama dengan laporan bulanan dengan alasan pasar dan sebagainya.

Baiknya seperti apa ya? Apakah saya harus mengajukan tuntutan hukum? Karena pihak asuransi tidak sesuai dengan penyampaian awal pada saat pembukaan polis.

Atau saya menunggu keputusan pengadilan apakah saya harus lanjutkan bayar premi atau tidak? Sesuai dengan perjanjian saya di awal pembukaan polis membayar premi hanya 10 tahun.

Terima kasih...🙏

Charles Sinambela
Singaraja Bali.

Lalu apa yang harus dilakukan Charles? Simak jawaban di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Proteksi Kebutuhan Kesehatanmu dan Keluarga dengan Fitur Ini

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2