detikcom Do Your Magic

Longsor Tanjung Burung Dikhawatirkan Bikin Banjir, Perbaikan Bikin Tenang

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 14:45 WIB
Perbaikan longsor Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, 28 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Perbaikan longsor Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, 28 April 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Tangerang -

Warga sempat khawatir dengan longsornya Jl Tanjung Burung karena jalan tersebut juga berfungsi sebagai tanggul pencegah banjir. Kini tanggul tersebut tengah diperbaiki dan membuat warga tenang.

"Ya mengkhawatirkan warga sekitar kalau tanggul jebol, air dari sungai di kali ini pada limpas ke rumah warga," kata warga RT 06/RW 03 Tanjung Burung Kabupaten Tangerang, Marsan, saat ditemui di lokasi, Rabu (28/4/2021).

Kekhawatiran tersebut membuat Marsan tidak tenang saat malam. Dia takut tiba-tiba tanggul jebol dan air meluap ke rumahnya. Saat tanggul belum diperbaiki, aparat desa juga berpatroli untuk mengecek tanggul tersebut.

"Aparat setempat keliling tuh malam hari, biar kalau jebol ada peringatan, bangunin, kemungkinan begitu," ujar Marsan.

Warga sekitar lokasi longsor Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Afzal Nur Iman/detikcom)Marsan (Afzal Nur Iman/detikcom)

Lokasi permukiman warga berada tidak jauh dari Sungai Cisadane tersebut. Jl Tanjung Burung berfungsi sebagai tanggul yang memisahkan sungai dengan permukiman.

Permukiman tersebut memang berada sejajar dengan muka air sungai tersebut. Dari Jl Tanjung Burung, permukiman warga hanya terlihat gentingnya saja. Bila Cisadane meluap, tentu permukiman tersebut tidak aman.

Warga sekitar lokasi longsor Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Afzal Nur Iman/detikcom)Warga sekitar lokasi longsor Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Kini, meski tanggul tersebut belum selesai diperbaiki, dia mengaku lebih tenang. Apalagi jika jalan yang menjadi akses utama warga diperbaiki.

"Warga juga lebih tenang lagi, senanglah," tambahnya.

Selanjutnya, warga berharap perbaikan cepat selesai:

Selanjutnya
Halaman
1 2