ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

'Before-After' JPO Balai Kota Depok: Dulu Terhalang Parkir, Kini Tertib

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 18:06 WIB
Masalah JPO Balai Kota Depok terhalang parkir, kini tuntas. (Repro: Tim Infografis detikcom)
Masalah JPO Balai Kota Depok terhalang parkir, kini tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom)

1. Kondisi pintu JPO

Before

Pada 25 Januari 2021 siang, parkir liar berjejer-jejer di trotoar sampai di JPO dekat Balai Kota Depok ini, tepatnya di sisi Halte Balai Kota dekat dengan Bank BJB serta BRI. Warga mengeluhkan kondisi ini.

"Jembatan ini bagus, tapi warga harus memutar untuk bisa akses ke jembatan karena tertutup mobil dan motor yang parkir," kata warga Beji, Depok, bernama Sudrajat kepada detikcom, saat itu.

JPO Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir motor-mobil. (Ajat/detikcom)JPO Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir motor-mobil. (Ajat/detikcom)

Kondisi tertutupnya akses JPO ini sudah berlangsung lama. Warga setempat sudah hapal betul kondisi ini.

"Wah sudah lama itu, kadang-kadang mobil, motor. Harapan saya, seharusnya bebas dari parkir, tapi dari pihak yang berwenang setempat membiarkan saja," kata pengguna jalan bernama Erwin Dias di lokasi, 29 Januari.

JPO dekat Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir. 26 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)JPO dekat Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir, 26 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)

After

Pada 31 Maret 2021, aparat dari Dishub Kota Depok dan Polres Metro Depok mulai menghalau parkir liar di sekitar JPO Balai Kota Depok. Pada 1 April, Dishub memasang tanda larangan dilarang parkir di dekat Halte Balai Kota dekat JPO.

Dishub jaga akses JPO dekat Balai Kota Depok dari barikade parkir liar, 7 April 2021.  (Rahmat Fathan/detikcom)Dishub jaga akses JPO dekat Balai Kota Depok dari barikade parkir liar, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)

Pada 5 April 2021, siang hari, trotoar dan bahu jalan di Jl Margonda Raya dekat JPO ini sudah bersih dari parkir liar. Pintu JPO tak lagi terhalang barikade kendaraan yang parkir.

Akses ke JPO dekat Balai Kota Depok di Jl Margonda Raya, kini bebas parkir liar. 12 April 2021. (Afzal NI/detikcom)Akses ke JPO dekat Balai Kota Depok di Jl Margonda Raya, kini bebas parkir liar. 12 April 2021. (Afzal NI/detikcom)

2. Penjagaan

Before

Pada 25 Maret 2021 siang, tak terpantau adanya personel yang menjaga trotoar dan bahu jalan dari parkir liar. Pengguna kendaraan bebas-bebas saja parkir di trotoar dan bahu jalan, bahkan di lokasi persis depan pintu masuk JPO.

JPO Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir motor-mobil. (Ajat/detikcom)JPO Kantor Wali Kota Depok terhalang parkir motor-mobil. (Ajat/detikcom)

After

Pada 1 April 2021, petugas Dishub Kota Depok menertibkan orang-orang yang parkir di bahu jalan dan trotoar. Menggunakan pengeras suara, petugas menyerukan pemarkir agar pindah lokasi. Selanjutnya, ruas bahu jalan dan trotoar di kawasan dekat JPO ini lebih sering dijaga.

Dishub Kota Depok tertibkan parkir liar yang menghalangi pintu JPO dekat Balai Kota Depok, 1 April 2021. (Dok Dishub Depok)Dishub Kota Depok menertibkan parkir liar yang menghalangi pintu JPO dekat Balai Kota Depok, 1 April 2021. (Dok. Dishub Depok)

Pada 7 April 2021, Dishub Depok menjaga sekitar JPO agar tak diduduki parkir liar. Kondisi tertib ini tetap terjaga.

Dishub jaga akses JPO dekat Balai Kota Depok dari barikade parkir liar, 7 April 2021.  (Rahmat Fathan/detikcom)Dishub menjaga akses JPO dekat Balai Kota Depok dari barikade parkir liar, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT