Kasus MeMiles: Himpun Rp 750 Miliar dari Warga, Bebas di PN hingga MA

Andi Saputra - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 12:37 WIB
memiles
Anggota DPR Arteria Dahlan mendatangi Polda Jatim meninjau kasus MeMiles (hilda/detikcom)
Jakarta -

Kasus MeMiles tutup buku. Sebab, Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi jaksa dan membebaskan petinggi MeMiles karena dianggap tidak bersalah dalam menghimpun dana dari masyarakat hingga puluhan miliar rupiah.

Dalam catatan detikcom, Senin (12/4/2021), kasus MeMiles bermula saat mulai mencuat pada tahun 2019. Investasi ini disebut mampu menghimpun Rp 750 miliar lebih. MeMiles sendiri diklaim sebagai aplikasi periklanan dan member bisa melakukan top up dan akan mendapatkan bonus.

Misalnya, top up Rp 400.000 maka member akan mendapatkan handphone dan barang elektronik lainnya. Semakin besar nilai top up, bonus yang diberikan akan semakin besar pula. Contoh:

1. Avanza dengan top up Rp 5.000.000
2. Pajero dengan top up Rp 8.400.000
3. Fortuner dengan top up Rp 8.400.000
4. Lamborghini dengan top up Rp 100.000.000

Adapun tarif/harga dari produk jasa MeMiles adalah sebagai berikut:

- Nilai top up iklan antara: Rp 50 ribu s/d Rp 5 juta; maka customer dapat dan wajib memasang iklan on-line selama 7 hari;
- Nilai top up iklan antara: Rp5 juta s/d Rp 50 juta; maka customer dapat dan wajib memasang iklan on-line selama 14 hari;
- Jika nilai top up iklan lebih dari Rp 50 juta; maka customer dapat dan wajib memasang iklan on-line selama 21 hari;
- Apabila customer tidak memasang iklan on-line, maka slot-iklan on-line yang telah dibeli (dibayarkannya) akan langsung hangus, sehingga oleh karenanya customer wajib memasang iklan on-line pada waktu yang telah ditentukan.

Sehingga, uang yang telah dibayarkan kepada PT Kam and Kam oleh para customernya adalah murni merupakan transaksi jual-beli jasa pemasangan slot iklan on-line, dan penjualan produk jasa pemasangan iklan on-line tersebut dilakukan secara langsung kepada setiap customer dan/atau melalui agen marketing dengan pemberian komisi, dan bukan merupakan suatu bentuk investasi apa pun.

Melihat tawaran menggiurkan di atas, ribuan orang berbondong-bondong gabung dengan MeMiles. Kepak sayap MeMiles semakin besar saat melibatkan atau meng-endorse artis. Seperti Marcello Tahitoe atau Ello, Judika, Tata Janeeta, Regina, Eka Deli, hingga anggota keluarga Cendana, Ari Sigit dan istrinya.

Lalu bagaimana skema MeMiles dibidik aparat? Simak di halaman selanjutnya.

Simak juga 'Adjie Notonegoro Ikhlas Jadi Korban Investasi Bodong':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2