DKI Jakarta Pertahankan Gelar Juara Umum Penghargaan Public Relation

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 14:01 WIB
DKI Jakarta
Foto: Dok. DKI Jakarta
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) memenangkan Platinum Awards (Juara Umum) pada ajang Public Relation Awards (PRIA) 2021. Berkat gelar ini, Pemprov DKI Jakarta kembali mempertahankan Juara Umum pada Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten) di ajang yang sama.

Dalam awards kali ini, Pemprov DKI Jakarta juga memenangkan 6 penghargaan lainnya. Atas capaian tersebut, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya serta mempersembahkan penghargaan ini kepada warga DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali meraih Juara Umum Public Relations Indonesia Awards Tahun 2021. Penghargaan ini kami persembahkan kepada warga DKI Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada kinerja pemerintah dan memberikan dukungannya dalam mewujudkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta," ungkap Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021)

"Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan," tambahnya.

Lebih lanjut Benni menambahkan dalam berbagai kesempatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kerap mengarahkan kepada jajarannya untuk menggunakan pendekatan humas yang strategis dan efektif dalam penyampaian program, kebijakan, hingga kinerja kepada masyarakat.

"Sebagaimana arahan Pak Gubernur, kami senantiasa menggunakan pendekatan Kehumasan/ Komunikasi Masyarakat yang strategis dengan perencanaan yang efektif dalam penyampaian pesan sehingga masyarakat dapat menerima pesan yang disampaikan dan memahami dengan mudah terkait berbagai program, kebijakan dan kinerja DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Hal ini juga yang mendasari dalam Penilaian Penjurian PRIA 2021 sehingga kami meraih Juara Umum" ujar Benni.

Benni memaparkan situasi pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, karena terdapat perbedaan dalam menjalankan program- program penyuluhan terpadu atau komunikasi masyarakat.

Bila sebelumnya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat hadir secara langsung di tengah lingkungan warga untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan, maka dalam kondisi saat ini dibutuhkan kreativitas untuk mengomunikasikan ide.

Kreativitas tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan publik soal penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan dan nonperizinan di Jakarta, tetap berjalan optimal dan memberikan pelayanan prima.

"UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah mengamanatkan bahwa pelayanan publik yang prima merupakan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara yang harus terus dipenuhi oleh penyelenggara pelayanan publik di situasi apapun," tutur Benni

Lebih lanjut Benni mengatakan sejak tahun 2020 lalu dalam menghadapi Pandemi COVID-19, dirinya menggagas sebuah program kampanye publik yang bertajuk 'Urus Izin Bisa Dari Rumah'. Program ini merupakan bagian dari Tema Besar Kampanye Publik DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta 'Urus Izin Sendiri itu Mudah'.

Kampanye tersebut bertujuan mengajak warga Ibu Kota melakukan pengurusan perizinan dan nonperizinan dengan optimalisasi pelayanan daring melalui aplikasi perizinan JakEVO, melakukan konsultasi atau penyuluhan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi serta mengajak warga Ibu Kota untuk memanfaatkan inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB).

"Berbagai program penyuluhan terpadu / komunikasi masyarakat dalam Kampanye Publik Urus Izin Bisa Dari Rumah, dikemas secara kreatif dan inovatif, serta mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Di tengah situasi pandemi, Instansi Pemerintah tetap harus bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan yang ada," tutur Benni.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga gencar melakukan kampanye publik 'Urus Izin Sendiri itu Mudah' dengan berbagai program penyuluhan terpadu/ komunikasi masyarakat yang dikemas secara kreatif, inovatif dan mudah diterima oleh masyarakat luas.

Salah satunya Program Talkshow Televisi Layanan Jakarta On TV yang ditayangkan setiap selasa pukul 18.30 di salah satu televisi nasional dengan berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

Adapun Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi dijadikan presenter dalam tayangan talkshow tersebut. Selain itu, berbagai program kampanye publik terus dilakukan dan telah berhasil menuai prestasi membanggakan, berdasarkan hasil seleksi dan penilaian yang komprehensif.

Dewan Juri PRIA 2021 memutuskan memberikan 7 (tujuh) penghargaan sekaligus kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, dalam penilaian kinerja kehumasan/komunikasi secara Komprehensif di Indonesia tersebut, sebagai berikut:

1. Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2021 Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten);

2. Pemenang PRIA 2021 Kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler di Media Cetak;

3. Best Presenter PRIA 2021 Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten)- Rinaldi, S.I.Kom., M.Si., Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;

4. Gold Winner Kategori Departemen PR- Kinerja Penyuluhan Terpadu/ Komunikasi Masyarakat Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;

5. Gold Winner Sub Kategori Aplikasi - Aplikasi Perizinan Daring, Jakarta Evolution (JakEVO);

6. Gold Winner Sub Kategori Krisis- Penanganan Krisis Perizinan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM);

7. Gold Winner Sub Kategori Government PR- Kampanye Publik Urus Izin Sendiri #BisaDariRumah , Urus Izin Sendiri Itu Mudah

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sekaligus Best Presenter PRIA tahun 2020 dan 2021, Rinaldi mengungkapkan berbagai kebijakan dan program pemerintah serta Kegiatan Strategis Daerah, tidak akan berjalan optimal tanpa komunikasi yang berkesinambungan dan masif. Menurutnya komunikasi menjadi begitu strategis dan mengambil peranan penting.

"Berbagai program penyuluhan terpadu/ komunikasi masyarakat yang dihadirkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa dikemas dengan mengikuti tren namun tetap memiliki unsur edukasi, nilai berita dan hal hal positif yang dapat ditularkan untuk menggerakkan masyarakat agar mau mengurus perizinan dan nonperizinan secara mandiri, tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga," ujar Rinaldi.

Lebih lanjut Rinaldi menambahkan meraih Juara Umum Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kota/ Kabupaten) dalam PRIA 2021 bukanlah hal yang mudah. Namun berbagai tantangan dan ketatnya penilaian Dewan Juri telah berhasil ditaklukan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk mempertahankan gelar Juara Umum.

"Tahun ini, Penjurian PRIA 2021 mengalami perubahan dari awalnya dipisah dalam 3 Kategori yaitu Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten namun di tahun ini hanya menjadi 1 Kategori yaitu Pemerintah Daerah," ujar Rinaldi.

Rinaldi menambahkan persaingan untuk memperebutkan gelar Juara Umum kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kota/ Kabupaten) pada PRIA 2021 begitu ketat. Terlebih menurutnya berbagai program komunikasi pemerintah daerah di Indonesia begitu beragam dengan kinerja kehumasan/komunikasi yang sangat baik.

Sebagai informasi, Pemilihan Pemenang The 6th PRIA 2021 dilakukan dengan penilaian secara komprehensif oleh Para Dewan Juri yang terdiri dari Para Profesional di bidang Design, Branding, Media Sosial dan Fotografi serta Para Guru/Tokoh Kehumasan & Komunikasi di Indonesia.

Penjurian diselenggarakan pada tanggal 16 Februari d.d. 4 Maret 2021 dan pengumuman pemenang perhelatan akbar tersebut dilakukan secara Virtual melalui Live Streaming Youtube PR Indonesia pada tanggal 31 Maret 2021 dengan mengangkat tema 'Komunikasi Menyatukan Negeri"'.

PRIA 2021 merupakan Kompetisi Kehumasan/ Komunikasi dan Informasi/ Public Relations paling komprehensif di Indonesia, yang telah diikuti oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta bersama 599 entry yang berasal dari Perusahaan Nasional/ Multinasional, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, Anak Usaha BUMD, Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi, Lembaga, Kementerian, Perguruan Tinggi dan Agensi PR di seluruh Indonesia.

Penghargaan PRIA Awards Kinerja Kehumasan/Komunikasi Selain DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta peraih Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2021, Platinum juga diberikan kepada PT Pertamina EP kategori Anak Usaha BUMN, PT BNI (Persero) Tbk.

Kategori BUMN, Danone Indonesia Kategori Swasta dan Kementerian Keuangan Kategori Kementerian. Platinum adalah apresiasi tertinggi yang diberikan kepada peserta yang telah menghimpun penghargaan terbanyak di hampir semua lini kategori PRIA 2021.

(ads/ads)