Deretan Proyek 'Kosmetik' Pemprov DKI Saat Pandemi, Apa Urgensinya?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 11:51 WIB
Proyek tugu sepeda di Jl Jenderal Sudirman Jakpus (Karin/detikcom)
Proyek tugu sepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakpus (Karin/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta pada masa pandemi COVID-19 membuat sejumlah proyek 'kosmetik'. Pemprov DKI Jakarta menyebut proyek 'kosmetik' itu dibiayai menggunakan dana pihak ketiga, bukan berasal dari APBD.

Fraksi PDIP DKI Jakarta pernah mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar mengurangi kegiatan beautification. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta pada Minggu (9/2/2020) meminta Anies berfokus dalam penanganan banjir.

"Ini sebenarnya sudah diperingatkan dari jauh-jauh hari. Sudah dari awal tahun Fraksi PDI Perjuangan mengingatkan agar Gubernur Anies mengurangi program beautification dan fokus pada penanggulangan banjir, yang memang akan memasuki puncak musim hujan pada awal 2020 ini," ujar Wakil Ketua F-PDIP DPRD DKI Ima Mahdiah saat dihubungi, Minggu (9/2/2020).

Lalu, apa saja proyek 'kosmetik' yang dibuat Pemprov DKI di masa pandemi?

1. Tugu sepeda di Jalan Sudirman Jakpus

Proyek 'kosmetik' terbaru yang dilakukan Pemprov DKI adalah tugu sepeda. Tugu sepeda itu dibangun dengan anggaran dari pihak ketiga sebesar Rp 800 juta.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta, pihak ketiga. Kemudian nilainya kurang-lebih Rp 28 miliar, termasuk tugunya yang Rp 800 juta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/4/2021).

Riza menyampaikan pembangunan tugu sepeda ini bertujuan memberi ruang, khususnya kepada para pelaku seni, untuk berkreasi demi memperindah Ibu Kota. Dia juga memastikan anggaran bukan berasal dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari pihak ketiga.

"Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi, seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dan mempercantik Jakarta. Anggaran dari pihak ketiga," jelasnya.

Proyek tugu sepeda di Jl Jenderal Sudirman Jakpus (Karin/detikcom)Proyek tugu sepeda di Jl Jenderal Sudirman, Jakpus (Karin/detikcom)

Selain itu, politikus Gerindra tersebut memandang tugu sepeda ini sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI memfasilitasi para pesepeda. Dia berharap, ke depan, sepeda bisa dijadikan sarana transportasi bagi warga Ibu Kota.

"Kami berharap, ke depan, sepeda ini tidak hanya sebagai alat olahraga, rekreasi, dan ke depan tapi transportasi. Ini bagian integrasi layanan transportasi publik di Jakarta," ucapnya.

2. Atap Rumah Warna-warni di Flyover Tapal Kuda

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memamerkan hasil pengecatan atap rumah yang berwarna-warni di sekitar flyover tapal kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pengecatan itu kini sudah rampung.

Tampilan baru atas rumah di sekitar flyover itu diunggah di akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta pada Sabtu (16/1/2021). Terlihat ada beberapa foto dan satu video yang diunggah akun Instagram resmi Pemprov DKI itu.

Foto dan video itu terlihat diambil dari udara. Tampak tampilan atap yang berwarna-warni di atap rumah sekitar flyover tersebut. Terlihat juga gambar ondel-ondel yang menambah hiasan dari atap rumah itu.

"Selamat siang, dari kawasan jalan layang tapal kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan! Sejak 2 Desember 2020 lalu, permukiman warga di sekitar kawasan ini dipercantik, dengan pengecatan tematik menggunakan cat warna-warni, melibatkan 218 rumah warga di wilayah RW, 01, 02, 03 dan 05," demikian keterangan yang ada dalam unggahan tersebut.

Kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, menerapkan konsep warna-warni di atap rumah warga. Penasaran?Kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, menerapkan konsep warna-warni di atap rumah warga. (Grandyos Zafna/detikcom)

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3