detikcom Do Your Magic

Proyek Galian Manhole Kabel di Tendean Diperkirakan Selesai Mei

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 11:32 WIB
Kendaraan beringsut melintasi proyek galian utilitas yang menyebabkan kemacetan di Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (2/4/2021). Warga berharap proyek pengerjaan galian tersebut dipercepat untuk mengurangi dampak kemacetan bottleneck. Galian menyisakan satu lajur jalan sehingga mengakibatkan kemacetan.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemerintah sedang mengerjakan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) atau manhole di Jl Kapten P Tendean, Jakarta Selatan. Diperkirakan, pengerjaan ditargetkan selesai pertengahan Mei.

"Pertengahan Mei (untuk dua sisi jalan)," ucap Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Utilitas Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Bernhard Gultom, saat dihubungi, Selasa (6/4/2021).

Proyek ini dimulai sejak Maret kemarin. Bernhard menjelaskan, total ada 80 galian manhole di Jl Tendean ini, meliputi sisi Mampang arah Blok M maupun Blok M arah Mampang.

"80 manhole untuk dua sisi," kata Bernhard.

Sampai saat ini, proses galian manhole masih mencapai seperempatnya. Bila sudah selesai, maka kabel-kabel yang mengganteng di atas tiang bakal dimasukkan ke bawah tanah, yakni di dalam manhole SJUT itu.

"Saat ini progresnya sekitar 25%," kata Bernhard.

Proyek galian kabel di Jl Kapten P Tendean kerap membuat lalu lintas tak lancar. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan macet karena galian di Jalan Kapten Tendean hanya bersifat sementara. Riza menjamin pihaknya segera menuntaskan proyek galian tersebut.

"Jadi, kalau ada macet karena galian, itu sifatnya sementara, karena memang kita menargetkan di Jakarta ini secepat mungkin kita menurunkan kabel-kabel di luar supaya yang di atas yang mengganggu pemandangan turunkan ke bawah tanah," kata Riza di The Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (2/4).

Galian tersebut merupakan bagian dari proyek Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) atau manhole. Riza mengatakan proyek itu ditujukan agar Jakarta makin keren.

"Seiring dengan peningkatan optimalisasi yang lebih baik, lebih lebar, lebih megah, lebih keren untuk semuanya dan menunjukkan komitmen kami bagi pejalan kaki. Makanya programnya adalah memperluas memperpanjang trotoar pejalan kaki, kemudian juga pesepeda," tuturnya

(aik/dnu)