Round-Up

Galian di Selatan Jakarta Bikin Macet Mengular ke Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 06:00 WIB
Arus lalu-lintas terpantau padat cenderung macet saat melintas di proyek galian utilitas di Jl Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021). Kemacetan terlihat sejak dari flyover Mampang Prapatan arah Blok M hingga titik galian.
Ada Proyek Galian, Jalan Tendean Arah Blok M Macet. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Wilayah Ibu Kota kembali mengalami kemacetan. Di Selatan Jakarta macet terjadi di Jalan Kapten Tendean hingga ke Jakarta Timur.

Polisi menjelaskan kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Kapten Tendean akibat pembangunan manhole jaringan kabel fiber optic. Galian manhole ini memicu kemacetan.

"Di sepanjang Jalan Tendean ada pembangunan manhole jaringan kabel fiber optic," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo saat dihubungi, Kamis (1/4/2021).

Kemacetan terpantau hingga lampu merah pertama arah menuju Blok M. Kemacetan terjadi sekitar 5-6 kilometer. Dengan kondisi padat merayap dari arah flyover Gatot Subroto ke arah Kapten Tendean.

Berdasarkan informasi dari petugas proyek, galian kabel tersebut merupakan pihak Jakpro dari PT SAP. Pihak kepolisian dari sektor Mampang menyebut akan memanggil pihak proyek yang berada di lokasi.

Semakin siang, kepadatan kendaraan justru makin menjadi. Macetnya menjalar kemana-mana. Informasi tersebut dicocokkan dengan data di Google Maps per pukul 13.40 WIB kemarin.

Lalu lintas sepanjang Jalan Kapten Tendean mayoritas masih menunjukkan warna merah. Kemerahan warna jalur menunjukkan kepadatan kendaraan, dimulai dari arah pertigaan Jalan Wijaya I.

Adapun beberapa titik menunjukkan warna merah kehitaman. Warna merah kehitaman menunjukkan kondisi kepadatan lalu lintas yang parah. Kemacetan parah ini tampak dari Jalan Wolter Monginsidi. Selepas jalan itu, warna kembali merah.

Lihat juga video '2 Truk Amblas ke Lubang Galian, Jalur Pantura Subang Macet Parah':

[Gambas:Video 20detik]