Panglima TNI ke Manokwari, Tinjau Vaksinasi hingga Pengamanan Jelang Paskah

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 17:19 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau vaksinasi anggota TNI-Polri dan pengamanan jelang Paskah di Manokwari (dok Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau vaksinasi anggota TNI-Polri dan pengamanan jelang Paskah di Manokwari. (dok Puspen TNI)
Manokwari -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersilaturahmi dengan para tokoh lintas agama di Manokwari, Papua Barat. Marsekal Hadi juga datang untuk meninjau pengamanan tempat peribadatan umat Kristiani menjelang perayaan Hari Paskah.

"Sesuai dengan perintah Presiden Jokowi bahwa TNI dan Polri harus meningkatkan kewaspadaan dan perkuatan untuk mengamankan lokasi-lokasi yang memiliki kerawanan tinggi terjadinya gangguan keamanan seperti gereja dan pusat-pusat keramaian," kata Hadi di gedung PKK, Manokwari Papua Barat, dalam keterangan yang diterima dari Puspen TNI, Sabtu (3/4/2021).

Dalam kunjungan ini, Hadi didampingi Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw. Mereka bersilaturahmi melalui komunikasi sosial (komsos) saat mengunjungi Manokwari.

"Manokwari memiliki nilai historis karena pertama kali Injil masuk ke Tanah Papua melalui Pulau Mansinam pada tahun 1855," kata Hadi.

Dia menggandeng para tokoh agama untuk berperan sebagai perekat dan pemersatu umat dan masyarakat. Selain itu, lanjutnya, para tokoh agama bisa berperan proaktif menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif melalui harmonisasi dalam perbedaan.

Dalam kegiatan ini, Hadi juga mengimbau seluruh umat beragama tetap menjaga komitmen persaudaraan dan menghindari segala sikap dan perilaku yang mengarah kepada terjadinya perpecahan dan permusuhan.

"TNI bersama-sama dengan Polri akan terus menjaga dan mengawal keamanan agar seluruh umat beragama dapat menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinannya masing-masing," ungkapnya.

Dalam suasana Paskah ini, Panglima TNI juga menyampaikan untuk menyongsong dan mengiringi hari-hari ke depan dengan iringan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan pandemi COVID-19 segera berakhir di Indonesia, dan damai serta harmoni dapat terus diwujudkan di Tanah Papua.

Turut hadir dalam kegiatan ini para tokoh lintas agama Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan; para pejabat Provinsi Papua Barat dan jajaran Forkopimda, serta para pejabat Mabes TNI dan Mabes PoIri.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau vaksinasi anggota TNI-Polri dan pengamanan jelang Paskah di Manokwari (dok Puspen TNI)Foto: dok Puspen TNI

Pada hari yang sama, Marsekal Hadi bersama Komjen Paulus juga meninjau Serbuan Vaksin AstraZeneca bagi prajurit TNI AD dan Polri di gedung PKK, Manokwari, Papua Barat.

Vaksin AstraZeneca diberikan kepada 783 prajurit TNI di wilayah Papua dan 1.072 prajurit TNI di wilayah Papua Barat. Pelaksanaan vaksinasi melibatkan 19 vaksinator TNI dan dinkes setempat.

Diharapkan Serbuan Vaksin hari ini dapat mempercepat pencapaian herd immunity, sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud dengan cepat dan baik, menuju Indonesia sehat bebas COVID-19.

"Saya berpesan kepada prajurit TNI yang telah melaksanakan vaksin, tentunya para prajurit harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Karena itu senjata utama untuk melawan COVID-19," tegas Hadi.

Simak juga 'Panglima TNI Tinjau Ibadah Paskah di Makassar-Manokwari':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)