Jakarta Macet Lagi, PAN Usul Ganjil Genap Segera Diterapkan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 07:45 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Oman Rohman Rakinda (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Dishub DKI Jakarta mengungkap kepadatan lalu lintas di Ibu Kota hampir mendekati masa sebelum pandemi Corona. Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta meminta aturan ganjil-genap diterapkan untuk mengurangi kemacetan.

"Kalau sudah padat mendekati normal, berlakukan saja ganjil-genap. Supaya nggak macet," kata Sekretaris Fraksi PAN DRPD DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Menurut Oman, transportasi massal di Ibu Kota masih mampu menampung penumpang jika ganjil-genap diberlakukan. Pemberlakuan ganjil-genap, kata Oman, adalah langkah yang tepat untuk mengurangi kendaraan pribadi.

"Justru untuk kurangi flow kendaraan, yang kita batasi kan kendaraan pribadi. Kan masih 50 persen kapasitas, insyaallah bisa (menampung penumpang)," katanya.

Oman kemudian menyoroti masyarakat yang abai terhadap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Oman menyebut masyarakat mulai jenuh terhadap pandemi Corona.

"PPKM mikro seperti tidak ada pengaruh pada kegiatan masyarakat. Mungkin masyarakat sudah jenuh. Vaksinasi perlu dipercepat lagi di Jakarta, supaya target 70 persen warga divaksin segera tercapai dan herd immunity bisa tercapai," kata dia.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptar sebelumnya mengatakan volume kendaraan saat ini naik. Kondisi kendaraan diperkirakan hampir masuk kondisi normal sebelum masa pandemi COVID-19.

"Ada beberapa ruas jalan yang memang bukan (hanya) meningkat, tapi hampir mendekati volume saat normal dulu sebelum pelaksanaan PSBB dan PPKM," ujar Rudy saat dihubungi, Kamis (1/3).

(lir/idn)