Round-Up

Ternyata Ada Peran Belasan Terduga Teroris di Balik Aksi Bomber Gereja

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 05:15 WIB
Dua pelaku terduga bomber Makassar (Istimewa)
Foto: Dua pelaku terduga bomber Makassar (dok. Istimewa)
Makassar -

Pasangan suami istri (pasutri) inisial L dan YSF pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar ternyata tidak menjalankan aksinya sendiri. Ada peran 16 terduga teroris yang mendukung aksi mereka.

Hal ini terungkap usai tim dari Densus 88 Mabes Polri melakukan penyelidikan dan mengejar sejumlah terduga teroris di Makassar usai pasutri bomber melaksanakan aksinya pada Minggu (28/3) lalu. Belum dirincikan lebih lanjut terkait peran masing-masing dari 16 orang tersebut, sampai saat ini mereka hanya dipastikan turut membantu pasutri bomber.

"Sebanyak 16 orang ini masih dalam pemeriksaan. Perannya sudah ketahuan tapi kita masih akan terus mendalami," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada detikcom, Kamis (2/4/2021).

Di antara 16 orang yang ditangkap di Makassar ini ada yang bertugas merakit bom, hingga ada yang melakukan observasi tempat yang menjadi sasaran tempat bom bunuh diri.

Diketahui, 16 orang terduga teroris ini ditangkap di waktu yang berbeda di wilayah Makassar. Penangkapan pertama dilakukan pada Senin (29/3) atau sehari setelah aksi teror bom bunuh diri di Makassar. Di hari itu 4 orang ditangkap dengan masing-masing inisial AS, SAS, MR, dan AA.

Kemudian pada Selasa (30/3) Densus 88 kembali menangkap 3 orang terduga teroris. Mereka ialah wanita berinisial MM, M, dan MAN.

Simak video 'Ulasan Pakar Terorisme soal Surat Wasiat Penyerang Mabes Polri':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.