Jelang Jumat Agung, Pengamanan di Gereja Santo Petrus Paulus Diperketat

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 18:07 WIB
Suasana di Gereja Katolik Santo Petrus Paulus (Wilda-detikcom)
Suasana di Gereja Katolik Santo Petrus Paulus (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katolik Santo Petrus Paulus akan menggelar misa menjelang Jumat Agung dan Paskah. Pengamanan di gereja tersebut juga diperketat.

Pantauan detikcom di pintu masuk Gereja Santo Petrus Paulus, Mangga Besar, Jakarta Barat, pukul 17.22 WIB, Kamis (1/4/2021), tampak sejumlah jemaat telah datang untuk mengikuti misa Kamis Putih. Mereka terlebih dahulu diperiksa barang bawaannya sebelum masuk ke lobi gereja.

Aparat TNI-Polri melakukan penjagaan mulai dari gerbang masuk gereja. Satpol PP juga turut mengawasi di sekitar gereja.

Lalu lintas di sekitar gereja terpantau ramai lancar. Aparat keamanan terlihat fokus pada pengamanan di dalam gereja.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan kegiatan peribadatan untuk umat kristiani tidak akan terganggu usai peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Pemprov DKI yakin polisi akan memperketat keamanan.

"Pengamanan tentu sudah diatur ya oleh pihak keamanan, atas kejadian di Sulawesi tentu kita yakin aparat kepolisian akan meningkatkan upaya yang lebih baik lagi lebih optimal dalam rangka pencegahan, penanganan dan pengendalian keamanan," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/3).

Riza mengingatkan soal protokol kesehatan. Sejauh ini, Riza mengatakan ibadah di gereja masih dilakukan secara online dan offline. Jumat Agung sendiri akan dilaksanakan pada 2 April mendatang.

"Kegiatan Paskah sama Jumat Agung tentu kita mendukung kegiatan upaya perayaan peribadatan. Namun demikian, seperti sesuai protokol kesehatan, tetap kita minta dilaksanakan protokol kesehatan yang sesuai untuk dengan regulasi yang sudah kita keluarkan," kata Riza.

Lihat juga Video: Polda DIY Tingkatkan Pengamanan Gereja Jelang Paskah

[Gambas:Video 20detik]



(whn/haf)