Jelang Paskah, Anjing K9-Barracuda Disiagakan di Gereja Katedral Jakarta

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 16:51 WIB
Pengamanan di Gereja Katedral Jakarta (Sachril-detikcom)
Foto: Pengamanan di Gereja Katedral Jakarta (Sachril-detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta akan menggelar ibadah misa jelang perayaan Paskah. Penjagaan di area gereja diperketat.

Pantauan detikcom di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, pukul 16.15 WIB, Kamis (1/3/2021), terlihat ada satu tenda yang terpasang di depan pintu masuk gereja. Posko pengamanan juga sudah didirikan di sekitar gereja.

Personel dari TNI dan Polri terlihat melakukan penjagaan. Personel tampak berjaga membawa senjata laras panjang.

Selain itu, anjing pelacak K9 juga terlihat disiagakan di sekitar Gereja Katedral Jakarta. Ada juga satu unit kendaraan taktis Barracuda yang disiagakan di sekitar gereja.

Pengamanan di Gereja Katedral Jakarta (Sachril-detikcom)Pengamanan di Gereja Katedral Jakarta (Sachril-detikcom)

Petugas kemudian datang membawa metal detector. Alat ini ditempatkan di depan pintu masuk gereja. Semua orang yang datang harus melewati pemeriksaan metal detector.

Jemaat yang datang diperiksa terlebih dahulu. Petugas yang berjaga mengecek isi tas yang dibawa jemaat. Usai diperiksa, jemaat dipersilakan masuk ke dalam Gereja Katedral Jakarta.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyebut ada 833 gereja di wilayah hukumnya yang akan menggelar ibadah Jumat Agung besok. Ribuan personel telah disiapkan untuk mengamankan ibadah tersebut.

"Jumat Agung besok ini di wilayah hukum Polda Metro Jaya saja ada 833 gereja melaksanakan ibadah dari 13 polres yang ada. Kekuatan yang kita turunkan sekitar 5.590 personel, baik itu polres maupun dari polda, nanti di-backup oleh teman-teman dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (1/4).

Lihat juga Video: Tim Jibom Gegana Polda Jateng Sisir Gereja-gereja di Solo

[Gambas:Video 20detik]



(sab/haf)