Round-Up

Tanda Tanya Venue Formula E Jakarta Setelah Ditunda ke 2022

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 07:54 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Desain Sirkuit Formula E Jakarta. (Foto: ist.)
Jakarta -

Formula E yang bakal digelar di Jakarta ditunda sampai tahun 2022. Tanda tanya vanue balap Formula E pun muncul lantaran sampai saat ini arena balap masih dicari.

Awalnya Project Director Sportainment PT Jakarta Propertindo (Perseroda) M Maulana menjelaskan soal commitment fee Formula E. Jakpro selaku pihak yang ditunjuk sebagai penyelenggara menegaskan commitment fee Formula E tidak dikembalikan karena ajang Formula E hanya ditunda.

"Kita tidak mau membatalkan Formula E di Jakarta, hanya menunda. Karena itu, commitment fee yang sudah dibayarkan akan digunakan untuk pelaksanaan event ini 2022 nanti," papar Maulana dalam keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Dia juga menerangkan soal proses penyelenggaraan yang saat ini dilakukan diskusi dengan pihak swasta untuk berkolaborasi menyukseskan Formula E 2022. Termasuk soal masih dicarinya lokasi alternatif venue balap Formula E.

"Saat ini lokasi masih dalam pertimbangan ke beberapa lokasi yang memiliki potensi untuk menunjukkan city branding dan ikon-ikon Kota Jakarta. Itu artinya, Jakarta akan jadi sorotan dunia dan akan dilihat oleh seluruh dunia," kata Maulana.

Untuk diketahui, terkait lokasi balap Formula sempat digodok di beberapa tempat. Setidaknya ada tiga lokasi yang pernah diusulkan. Antara lain Kemayoran, GBK, dan terakhir di Monas.

Namun sampai saat ini, finalisasi penentuan venue balap Formula E belum juga selesa. Direktur Operasional Jakpro Muhammad Taufiqurrahman mengungkapkan saat ini pihaknya berupaya memenuhi persyaratan yang diminta Formula E Operation (FEO) ltd selaku pemegang lisensi.

"Kalau dulu sempat di-review tiga lokasi, kemudian Monas sempat dinominasi, mungkin sekarang harus review ulang dengan FEO karena selain dari sisi aspek teknis juga harus ada ikon Jakarta yang akan tampil," kata Taufiqurrahman saat dihubungi, Rabu (24/3/2021).

Simak video 'Sudah Sejauh Apa Izin dan Persiapan Penyelenggaraan Formula E 2022?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2