Wagub DKI soal Lokasi Formula E: Awalnya di Monas, namun Tempat Lain Dikaji

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 17:23 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Desain Sirkuit Formula E Jakarta (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Jakpro dan Pemprov DKI masih mencari alternatif lokasi balap Formula E yang ditunda ke 2022 mendatang. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan lokasi awal diputuskan di Monas.

"Awalnya kan kita sudah putuskan di Monas, tentu ini jadi kebijakan sementara ini. Namun demikian, terus kita lakukan kajian apakah ada tempat lain dan sebagainya," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Riza menyebut nantinya ada pihak panitia dan penyelenggara yang bisa menentukan lokasi terbaik untuk Formula E di Jakarta. Jadi, lanjut Riza, penyelenggaraan ajang balap internasional itu berjalan baik dan berdampak positif.

"Tapi juga dampak ekonomi, meningkatkan pariwisata dan menjadikan Jakarta sebagai kota yang besar, sejajar dengan kota besar dunia. Ini mendorong Jakarta punya komitmen yang tinggi terhadap mobil listrik. Kita mulai dengan pengadaan bus listrik," paparnya.

Sebelumnya, Jakpro mencari lokasi alternatif penyelenggaraan Formula E selain di Monumen Nasional (Monas). Jakpro mengungkapkan saat ini pihaknya berupaya memenuhi persyaratan yang diminta Formula E Operation (FEO) ltd selaku pemegang lisensi.

"Untuk Formula E, kita sampai sehari ini masih sangat intens berkomunikasi dengan FEO. FEO kan banyak mempunyai syarat-syarat untuk lokasi yang digunakan untuk perlombaan ini," kata Direktur Operasional Jakpro Muhammad Taufiqurrahman.

"Kalau dulu sempat di-review tiga lokasi, kemudian Monas sempat dinominasi, mungkin sekarang harus review ulang dengan FEO karena, selain dari sisi aspek teknis, juga harus ada ikon Jakarta yang akan tampil," sambungnya.

Taufiq menilai, untuk memenuhi aspek historis, arena Formula E harus menampilkan ikon-ikon Ibu Kota di kancah internasional. Untuk itulah, pihaknya sedang mengkaji ulang venue ajang balapan mobil listrik itu. Tak hanya itu, Jakpro turut mempertimbangkan hasil audit BPK.

"Dari BPK tentu kita jadikan bahan pertimbangan. Itu kan masukan berharga dari BPK, jadi kita harus ikuti," lanjut Taufiq.

Dia menegaskan hingga kini belum ada keputusan pasti terkait lokasi final Formula E. Di sisi lain, Jakpro sempat meninjau tiga lokasi, yaitu Monas, Kemayoran, dan kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Tahun lalu yang jadi pertimbangan itu, sekarang belum ada keputusan final," tegasnya.

Lihat Video: Sudah Sejauh Apa Izin dan Persiapan Penyelenggaraan Formula E 2022?

[Gambas:Video 20detik]

(idn/hri)