PAN Minta Pemprov DKI Buat Program Pembinaan Seniman Ondel-ondel

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 05:37 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Foto: Oman Rohman Rikanda (dok. Pribadi)
Jakarta -

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI membuat program pemberdayaan seniman ondel-ondel. PAN menegaskan ondel-ondel yang merupakan budaya Betawi harus dijaga dan dilestarikan.

"Harus ada spot-spot ruang untuk seniman ondel-ondel tampil, jangan mengamen. Ya itu tugasnya jajaran Dinas Kebudayaan," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, Oman meminta agar Dinas Kebudayaan untuk membina pengamen ondel-ondel. Dia mengatakan muruah ondel-ondel sebagai budaya Betawi tidak boleh digunakan untuk mengemis.

"Dinas Kebudayaan DKI Jakarta harus punya program untuk membina. Termasuk menjaga muruah ondel-ondel sebagai budaya Betawi agar jangan digunakan untuk mengemis," kata dia.

Pengamen ondel-ondel, menurut Oman, adalah salah satu cara untuk bertahan hidup. Dengan demikian, Oman meminta agar seniman ondel-ondel diberi ruang untuk melakukan kegiatan kesenian.

"Harus diberdayakan, seniman ondel-ondel diberikan kesempatan untuk tampil dalam kegiatan berkesenian. Mengemis ini cara jalanan saudara-saudara kita untuk bertahan hidup," kata dia.

Simak juga 'Pesan Anies di Hut ke-71 Satpol PP DKI: Tegas dan Humanis':

[Gambas:Video 20detik]