Jaksa Konfirmasi ke Juliari soal Audit BPKP-Fee Cita Citata di Labuan Bajo

Zunita Putri - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 23:10 WIB
Usai ditetapkan sebagai tersangka kasus suap bansos Corona Mensos Juliari Batubara tinggalkan gedung KPK. Ia akan ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur
Juliari Batubara (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mengkonfirmasi ke mantan Mensos Juliari P Batubara terkait audit BPKP terkait program bansos Corona. Jaksa juga mengonfirmasi pembayaran fee artis Cita Citata di Labuan Bajo yang menggunakan fee bansos Corona. Apa kata Juliari?

Awalnya jaksa KPK bertanya ke Juliari, apakah di pernah minta audit BPKP terkait pelaksanaan bansos Corona. Juliari mengaku dia bukan meminta audit, melainkan meminta pendampingan.

"Yang pernah saya minta pendampingan, tapi ditindaklanjuti oleh BPKP semacam audit," kata Juliari di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021).

Juliari menjelaskan saat itu dia mendatangi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama beberapa sekjen dan dirjen Kemensos. Juliari mengaku tidak tahu lebih lanjut perkembangan dari audit BPKP. Dia juga mengaku tidak pernah mendapat laporan audit BPKP terkait program bansos ini.

"Belum pernah (terima audit BPKP), (laporan irjen) kurang-lebih ada beberapa dokumen administrasi belum lengkap," kata Juliari.

"Apa ada temuan kelebihan pembayaran? Kemahalan harga?" tanya jaksa KPK lagi.

"Nggak disampaikan secara detail seperti itu, nggak terima hard copy-nya," jelas Juliari.

Lebih lanjut, jaksa juga mengonfirmasi perihal pengakuan mantan anak buah Juliari, Adi Wahyono, di sidang sebelumnya yang mengaku menggunakan fee bansos Corona untuk membiayai kebutuhan Juliari dan Kemensos. Salah satunya pembayaran artis Cita Citata.

"Terima titipan uang dari Pak Adi melalui Pak Eko (ajudan) atau Pak Kukuh (staf ahli Juliari), ada pembayaran yang dibayarkan Pak Adi misalnya terkait biaya pesawat, acara artis Cita Citata di Labuan Bajo? Tahu uang dari mana?" cecar jaksa KPK.

"Tidak mengetahui, saya tidak tahu," ucapnya.