Juliari Akui Kunker ke Natuna-Bali Sewa Pesawat Pribadi Pakai Anggaran Kemensos

Zunita Putri - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 19:34 WIB
Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara mendatangi KPK. Juliari akan menjalani pemeriksaan perdana kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) Corona.
Juliari Batubara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengaku sering melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah. Juliari pernah melakukan kunker menggunakan mobil hingga pesawat pribadi yang dicarter khusus menggunakan anggaran Kemensos.

"Saya pernah (kunker) dengan (transportasi) darat mobil, pesawat komersil, kadang sewa pesawat," kata Juliari saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021).

Juliari mengaku beberapa kali dia menggunakan pesawat pribadi. Namun, dia mengaku tidak tahu pasti anggaran sewa pesawat itu dari mana.

"Pernah beberapa kali (pakai pesawat khusus), mungkin sekitar 3 atau 4 kali. Yang saya ingat pernah ke Luwu Utara lihat banjir kalau nggak salah, ke Natuna, kemudian ke Bali pernah sekali, ke Semarang pernah, ke Tanah Bumbu dan Malang," jelasnya.

"Terkait penggunaan pesawat khusus gimana? Anggaran dari mana?" tanya jaksa KPK.

Juliari mengaku tidak tahu. Yang dia tahu, dia memerintahkan sekretaris pribadinya mencarter pesawat pribadi. Lalu semua urusan biaya diserahkan ke Biro Umum Kemensos.

"Kalau pesawat sewa carter, Pak. Ya kalau anggaran mengurus keperluan itu kan di Biro Umum, keperluan menteri karena kan Biro Umum membawahi tata usaha menteri, protokol," tuturnya.

"Anggaran pastinya saya nggak paham, tapi terkait perjalanan dinas biasanya di-handle Biro Umum," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2