Komnas Perempuan Minta Tokoh Utama Prostitusi Online di Makassar Diungkap

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 06:53 WIB
Komisioner Komnas Perempuan, Theresia Iswarini
Foto: Theresia Iswarini (dok. Istimewa/foto diberikan oleh narasumber)
Jakarta -

Polisi mengamankan 15 muda-mudi di Makassar terkait dengan prostitusi online. Komnas Perempuan (KP) meminta otak dari prostitusi yang melibatkan remaja itu ditangkap.

"KP berpandangan bahwa penting melakukan penyidikan dan penyelidikan terkait masalah ini terutama memastikan siapa yang menjadi tokoh utama. KP juga meminta kepada media untuk berhati-hati dalam memberitakan berbagai kasus yang mengandung unsur kesusilaan apalagi yang melibatkan anak perempuan yang berhadapan dengan hukum," kata Komisioner Komnas Perempuan, Theresia Iswarini kepada wartawan, Selasa (9/3/2021).

Berdasarkan pengakuan dari salah seorang remaja inisial DL yang terlibat dalam prostitusi online itu bahwa dirinya mendapatkan uang 5 juta dari askinya itu. Theresia meminta adar pemeriksaan kasus itu dilakukan secara tertutup.

"Pemeriksaan kasus terhadap DL perlu dilakukan secara tertutup dan mengedepankan penghormatan terhadap hak-hak perempuan dan hak anak," kata dia.

Menurut Theresia ada beragam alasan anak terlibat dalam prostitusi. Komnas Perempuan, kata Theresia menilai bahwa tidak ada perempuan yang ingin terlibat dalam prostitusi.

"Penyebab prostitusi itu beragam. KP berpandangan bahwa tidak ada perempuan yang ingin terlibat dalam prostitusi dengan menjadi pekerja seks. Hasil pemantauan KP menunjukkan bahwa umumnya mereka masuk dalam lingkar prostitusi karena korban kekerasan seksual, KDRT atau TPPO. Untuk seorang anak perempuan yang akhirnya terlibat dalam prostitusi penting bagi kepolisian untuk mempertimbangkan penyebab-penyebab keterlibatan tersebut dan tetap berpatokan pada Undang-Undang Perlindungan Anak mengingat anak tersebut adalah anak yang berhadapan dengan hukum (ABH)," jelasnya.

Tonton video 'Prostitusi Online-Bawa Sajam, 15 Muda-mudi di Makassar Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2