Round Up

Ada-ada Saja Modus Kafe 'Nakal' Buka hingga Tengah Malam di Jakarta

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 21:03 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Ada beragam modus kafe maupun restoran agar tetap buka di masa PPKM Mikro. Satpol PP DKI Jakarta mengungkap modus-modus kafe tersebut buka misalnya dari mulai seolah-olah lampu padam hingga sepi di parkiran kendaraannya.

Kafe 'nakal' yang masih buka di masa PPKM Mikro itu awalnya terbongkar dari kasus penembakan di kafe RM Cengkareng yang menewaskan 3 orang. Ternyata kafe tersebut masih buka hingga dini hari.


Modus RM Kafe Lampu Dimatiin-Suara Senyap

RM Cafe di Cengkareng, yang jadi lokasi penembakan oleh oknum polisi, sudah dua kali melanggar aturan selama PSBB DKI. RM Cafe sudah pernah didenda oleh Pemkot Jakbar.

"Jadi RM Cafe itu sudah dua kali dilakukan tindakan Satpol PP, pertama tanggal 5 Oktober, kemudian 12 Oktober, jadi sudah kita lakukan 2 kali," ujar Kasatpol PP Jakbar Tamo Sijabat kepada wartawan, Kamis (25/2/2021).

Tamo menuturkan, sanksi pertama, RM Cafe diminta tutup 1x24 jam. Lalu, pada 12 Oktober, RM Cafe didenda sesuai dengan Pergub 79 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus COVID-19.

"Pergubnya kan gitu Pergub yang lama, yang kedua dikasih denda 12 Oktober, harusnya Rp 50 juta tapi sanggupnya Rp 5 juta. Memang kan nggak ada batas minimalnya. Tapi sudah kita denda," paparnya.

Saat ini pihak Satpol PP menunggu rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI untuk dilakukan penutupan. Tamo menceritakan banyak kafe yang bermodus untuk bisa beroperasi sampai larut malam.

"Pertama modusnya parkirnya jauh, lampu dimatiin, suaranya senyap jadi kalau datang terkesan nggak ada kegiatan. Banyak juga kan izinnya sudah pindah restoran kafe, kadang kita cek, izinnya kafe. Izinnya sekarang diturunkan supaya bisa ngidupin karyawan, tapi begitu di atas jam 9 malam apalagi jam 11 malam ketika pengawasan berpindah, katakanlah dia punya pelanggan tetap, dia bisa menghubungi," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4