Vaksinasi Pedagang Tanah Abang Dilanjut Hari Ini, Polisi: Berjalan Bagus

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 13:27 WIB
Vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang dan sekitarnya dilakukan 2 tahap. Pertama dilaksanakan pada 17-21 Februari 2021 dengan total 9.729 orang yang ada di blok A, B, F, G Pasar Tanah Abang.
Vaksinasi pedagang Pasar Tanah Abang beberapa waktu lalu. (Foto: dok. Kemenkes)
Jakarta -

Kegiatan vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali dilanjutkan. Vaksinasi pedagang Pasar Tanah Abang sebelumnya sempat disetop setelah terjadi kerumunan antrean.

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan mengatakan vaksinasi sudah berjalan kembali hari ini. Dia berujar, kepolisian juga telah memberikan saran untuk mengantisipasi kerumunan antrean terjadi lagi.

"Kemarin kami berikan masukan khusus, bagaimana mengatur flow-nya, karena seharusnya itu tugas panitia. Kami melaksanakan pengamanan terkait kegiatannya dan melihat protokol kesehatannya. Jangan sampai yang kemarin hari Selasa itu terjadi lagi," ujar Singgih saat ditemui di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakpus, Kamis (25/2/2021).

"Hari ini laporan dari anggota alhamdulillah berjalan bagus," ucap Singgih menambahkan.

Singgih menuturkan, stakeholders yang ada telah melakukan rapat koordinasi demi mencegah kerumunan kembali. Tempat tunggu, kata dia, juga telah disediakan.

"Itu (shelter) di lantai 9 sehingga pedagang ini akan kita naikkan semua ke lantai 9. Baru dipanggil 50 orang 50 orang turun ke bawah sehingga tidak menjadi antrean penumpukan," kata Singgih.

"Itu dikasih kursi sekitar 300 kursi. Mereka menunggu di sana. Setelah mereka menunggu, dipanggil ke bawah untuk melaksanakan registrasi dan vaksin sehingga tidak terjadi penumpukan," sambungnya.

Singgih pun mengungkapkan, vaksinasi hari ini sudah mulai berjalan. Para pedagang juga mematuhi arahan petugas.

"Alhamdulillah sudah mulai berjalan, mereka mengikuti arahan kita, disekat tempat-tempat yang (berpotensi) membuat kerumunan dan sekarang berjalan," kata Singgih.

Sebelumnya, proses vaksinasi kepada pedagang di Pasar Tanah Abang dihentikan pada Senin, 23 Februari lalu. Langkah itu diambil setelah terjadinya kerumunan di lokasi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mengungkap alasan terjadinya kerumunan. Satu di antaranya lantaran animo pedagang yang ingin divaksinasi cukup tinggi.

"Ya itulah karena, antusiasnya tinggi. Padahal di awal-awal mereka susah untuk diminta daftar, ada yang takut, nggak percaya, segala macam," ujar Koordinator Pelaksana Vaksinasi Pedagang Pasar Tanah Abang, Siti Khalimah, saat dihubungi wartawan, Rabu (24/2/2021).

Simak Video: Hari Ini, Sekitar 1.500 Orang di Kawasan Tanah Abang Divaksinasi Corona

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)