Round-Up

5 Hal soal Mafia Tanah Terungkap Usai Fredy Kusnadi Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 06:41 WIB
Polda Metro Jaya tangkap Fredy Kusnadi terkait mafia rumah ibu Dinno Patti Djalal
Polda Metro Jaya menyatakan Fredy Kusnadi terlibat mafia tanah yang menjarah rumah ibunda Dino Patti Djalal. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap Fredy Kusnadi terkait kasus mafia tanah yang menjara rumah ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal. Nama Fredy Kusnadi ini sebelumnya sering disebut oleh Dino Patti Djalal sebagai dalang mafia tanah.

Fredy Kusnadi ditangkap Satgas Mafia Tanah di rumahnya, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (19/2/2021) dini hari. Pengacara Fredy Kusnadi, Tonin Tachta Singarimbun mengatakan polisi menangkap klienya atas dasar keterangan tersangka lainnya.

"Karena tersangka lainnya katanya menyebut 'Fredy... Fredy... Fredy...' gitu lho. Jadi berdasarkan keterangan orang. Harusnya kan tanya dulu apa benar keterangan orang ini. Itu kan versi dia, versi klien saya lain lagi. Apa ini tekanan dari anaknya (Dino Patti Djalal) melapor di mana-mana?" kata Tonin kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Tidak lama setelah penangkapan Fredy Kusnadi ini, Polda Metro Jaya menggelar jumpa pers. Dalam juma pers tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan bahwa dengan ditangkapnya Fredy Kusnadi ini adalah bukti keseriusan jajarannya dalam memberantas praktik mafia tanah.

"Satgas Mafia Tanah akan terus bekerja untuk melindungi dan membela masyarakat pemilik tanah yang sah," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menyampaikan arahan kepada jajarannya agar tidak ragu untuk mengungkap mafia tanah, termasuk dalang dan bekingnya.

"Bapak Kapolri sudah memerintahkan agar Satgas tidak pernah ragu untuk mengungkap kasus mafia tanah siapapun dalangnya dan siapapun bekingnya. Ini sudah kita buktikan dengan ungkap siapa pemodalnya, dalangnya dan penyedia sarana prasarananya," jelas Fadil Imran.

Dino Patti Djalal mengapresiasi Polda Metro Jaya yang telah menangkap Fredy Kusnadi Cs. Dengan ditangkapnya Fredy Kusnadi Cs ini, menurutnya ini adalah saatnya aparat untuk melawan mafia tanah.

"Saya memandang bahwa tertangkapnya para tersangka ini merupakan score yang bagus, suatu momentum yang baik dalam upaya aparat keamanan untuk melawan mafia tanah atau mafia rumah yang selama ini memang sangat kuat, sangat licin, sangat lihai dan penuh dengan tipu muslihat," kata Dino dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, seperti dilihat detikcom, Jumat (19/2/2021).

Simak video 'Terlibat Mafia Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Fredy Kusnadi Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



Sejumlah hal terungkap dalam penangkapan Fredy Kusnadi ini, simak di halaman selanjutnya>>>