Danai Figur, Ini Peran Besar Fredy Kusnadi di Kasus Mafia Tanah

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 16:33 WIB
Polda Metro Jaya tangkap Fredy Kusnadi terkait mafia rumah ibu Dinno Patti Djalal
Polda Metro Jaya menyatakan Fredy Kusnadi terlibat mafia tanah yang menjarah rumah ibunda Dino Patti Djalal. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Fredy Kusnadi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus mafia tanah yang menjarah rumah milik ibunda mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal. Bagaimana keterlibatan Fredy Kusnadi dalam mafia tanah itu?

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan Fredy Kusnadi berperan menyuruh tersangka Aryani memerankan figur Yusmisnawati, anggota keluarga Dino Patti Djalal.

"Fredy Kusnadi yang menyuruh dia membayar Rp 10 juta untuk menjadi figur Bu Yusmisnawati," kata Dwiasi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Fredy Kusnadi diketahui ditangkap dini hari tadi pukul 03.30 WIB di kediamannya di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Fredy Kusnadi ditangkap setelah sebelumnya polisi menangkap Aryani.

"Kita tangkap dulu namanya Aryani. Berdasarkan keterangan dari Aryani, kita dapatkan bahwa Fredy kusnadi yang menyuruh dia memerankan Yusmisnawati selaku figur pemilik tanah," terang Dwiasi.

Dwiasi menambahkan, penangkapan dan penetapan Fredy Kusnadi sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang dikumpulkan penyidik. Bukti-bukti tersebut mulai dari KTP palsu hingga bukti komunikasi Fredy Kusnadi dengan Aryani terkait perintah memerankan figur palsu tersebut.

"Jadi setelah itu kita lihat lagi dengan alat bukti yang lain, adanya KTP palsunya, kemudian ada hubungan komunikasinya. Dari situ kita lakukan gelar perkara, langsung kita tetapkan tersangka. Fredy Kusnadi tadi pagi kita tangkap," papar Dwiasi.

Secara terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat sebelumnya mengungkap peran Fredy Kusnadi. Menurut Tubagus, tersangka Fredy berperan dalam memindahkan hak milik rumah ibu Dino Patti Djalal menjadi atas nama Fredy Kusnadi.

"Apa perannya? Saat ini di LP yang ketiga ujungnya sudah terjadi pemindahan hak dari atas nama korban kepadanya. Padahal si korban tidak pernah menjual," terang Tubagus.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak juga Video: Fredy Kusnadi Bantah Tuduhan Dino Patti Djalal soal Mafia Tanah

[Gambas:Video 20detik]