Plh Walkot Klaim Tak Ada Zona Oranye COVID di Jakpus: Tinggal Kuning-Hijau

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:13 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Plh Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengklaim tidak ada lagi zona oranye COVID-19 di daerahnya. Jakarta Pusat kini masuk zona kuning dan hijau.

"Jakarta Pusat alhamdulillah tak ada lagi zona oranye, kita sudah zona kuning, dan zona hijau paling banyak 82,6 persen. Mudah-mudahan kita pertahankan," kata Irwandi, dalam acara pembentukan relawan pengawas protokol kesehatan COVID-19 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021).

Irwandi berharap, dengan adanya pembentukan relawan pengawas prokes di tingkat RT, kasus COVID-19 di Jakarta Pusat bisa ditekan. Jadi, bulan depan bisa ditargetkan masuk zona hijau.

"Tadi relawan sudah kita bentuk. Ini kekompakan Forkopimda, dari Kapolres, Pak Dandim, Wali Kota, kita bersinergi memerangi COVID-19 yang saat ini masih bergejolak," ucapnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya relawan yang kita kukuhkan pada hari ini, kerja kita semakin kompak dan tentu COVID-19 di Jakpus bisa ditekan dengan baik, dan tentu jumlahnya terus menurun. Targetnya bulan depan insyaallah bisa hijau," Irwandi menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan relawan yang telah dibentuk itu nantinya akan membantu pengawasan yang dilakukan pemda, kepolisian, dan kodim Jakpus terkait penerapan prokes. Hengki akan menempatkan 1 polisi di 1 RW.

"Polres Jakpus menempatkan 1 RW 1 polisi. Program ini kita munculkan kembali untuk mengawasi ke bawah, tingkat RT, dan ini tetep kompak ya. Di tingkat RW, ada juga dari Satpol PP dan TNI sampai ke atas," ujarnya.

Lebih lanjut, Hengki menyampaikan Forkopimda Jakpus memiliki data yang terintegrasi terkait penanganan COVID-19. Dia memastikan tidak ada pihak yang bekerja secara sendiri-sendiri.

"Kita memiliki data yang terintegrasi sehingga treatment-nya pas, kita keroyok sama-sama. Artinya di sini kita tidak bekerja parsial, tidak Pak Wali sendiri, tapi kita backup dengan kepolisian dan juga TNI. Kita lihat hasilnya udah mulai terlihat, seperti penjelasan Pak Wali, (zona) hijau sudah 82 persen lebih. Ini mudah-mudahan bulan depan bisa hijau semua," tuturnya.

(eva/eva)