Geliat Warga Penghuni Gang di Bandung Tangkal COVID-19

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 14:49 WIB
Geliat Warga Gang Bandung Tangkal COVID-19
Anggota PKK menggunakan APD membawa makanan untuk dibagikan ke warga yang terpapar COVID-19. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Warga Gang Cisitu Lama 1, RW 11, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, bergotong royong dalam menangkal penyebaran virus Corona di wilayahnya. Mereka melakukan langkah-langkah proaktif mulai dari membatasi akses jalan gang, mendirikan posko COVID-19 hingga membagikan makanan bagi warga lainnya yang terpapar Corona di masa PPKM Mikro ini.

Sejumlah kader PKK sedang mengemas makanan ke dalam kantung plastik besar. Salah seorang dari mereka kemudian mengenakan alat pelindung diri (APD) sebelum meluncur ke beberapa rumah tempat belasan orang menjalani isolasi mandiri di RW tersebut, Rabu (17/2/2021).

Makanan bagi warga yang terpapar COVID-19 tersebut berasal dari urunan warga setempat, maupun sumbangan dari keluarga pasien. Aksi bagi-bagi makanan ini dilakukan sehari tiga kali, yang di dalamnya berisi makanan berat, makanan ringan, madu, buah-buahan dan vitamin.

"Kebetulan ada warga kami yang terpapar, per hari kemarin ada 15 orang, terdiri dari empat keluarga. Dua orang dilarikan ke rumah sakit Advent karena kondisinya agak gawat, tapi sekarang kondisinya sudah membaik," ujar Ketua RW 11 Muhammad Affandi saat ditemui.

Geliat Warga Gang Bandung Tangkal COVID-19Sejumlah kader PKK tengah mengemas makanan ke dalam kantung plastik besar. Salah seorang dari mereka kemudian mengenakan alat pelindung diri (APD) sebelum meluncur ke beberapa rumah tempat belasan orang menjalani isolasi mandiri. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Affandi bersyukur, warganya sangat kompak dalam menghadapi COVID-19. Bahkan, warga pemilik indekos pun bersedia menjadikan propertinya sebagai tempat karantina mandiri bagi kontak erat dari yang terpapar.

"Kalau untuk karantina mandiri yang COVID-19 memakai rumah sendiri, tapi untuk keluarganya yang menjadi kontak erat kita ungsikan ke tempat kost yang ada di kita. Kebetulan kosong," kata Affandi.

"Kejadian ini bukan yang pertama kali, kita pernah, kita memiliki lumbung COVID-19 di RW 11 ini, jadi sebelum PPKM sudah ada, kita hanya melanjutkan saja, masih ada saldo beras dan uang," ucap dia melanjutkan.

Pengurus RW dan kader PKK pun mendapatkan bantuan APD dari salah seorang warga yang bekerja di bidang medis. "Kita ajukan barangnya, barangnya sudah siap. Alhamdulillah sehingga masker dan APD tidak ada masalah," ucapnya.

Pembatasan akses jalan pun dilakukan sejak tanggal 10 Februari, penyekatan dilakukan di depan mulut Gang Cisitu I dan ruas jalan menuju rumah isolasi. Di samping itu penyemprotan disinfektan pun terus dilakukan pada pagi dan sore hari.

"Kita terus berinovasi dalam menyampaikan protokol kesehatan kepada warga, salah satunya dengan merekam anak menggunakan masker lalu dia berbicara soal pentingnya menerapkan prokes 5M, mudah-mudahan bisa menggugah anak-anak dan ibunya," ujar Affandi.

Geliat Warga Gang Bandung Tangkal COVID-19Kader PKK membagikan makanan bagi warga lainnya yang terpapar Corona di masa PPKM Mikro. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Simak Video: Geliat Warga Cisaranten Bandung, Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)