ADVERTISEMENT

Dino Patti Djalal Ungkap Sistem Kerja Sindikat Mafia Tanah: Kayak Piramida

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 19:32 WIB
Dino Patti Djalal
Dino Patti Djalal (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal, berharap kasus mafia tanah kepemilikan ibunya ini cepat terselesaikan. Ia mengatakan polisi harus segera menangkap dalang dalam kasus mafia tanah tersebut.

"Harapannya tentu semakin terkuak siapa yang menyuruh dia. Ini kan kayak main piramida gitu, di bawahnya udah ketangkap setelah itu siapa di atasnya. Jadi harus diungkap terus," ujar Dino Patti Djalal kepada wartawan di Mayapada Tower, Selasa (16/2/2021).

Ia menilai saat yang tertangkap hanya pelaku level bawah. Sedangkan dalang dalam kasus ini belum tertangkap.

"Saya nggak mau itu apa, di bawahnya kena tapi yang di atas nggak ketangkap," tegas Dino.

Dino Patti Djalal menjelaskan, sindikat mafia tanah sudah ada sistem yang diatur dengan rapi dan terstruktur. Ia menyebut para pelaku memiliki peran masing-masing.

"Untuk kasus mafia tanah karena sindikat itu emang begitu ada perencanaannya, ada sistemnya, ada bagian yang pura-pura jadi pembeli terus ada juga bagian broker, ada juga yang bikin KTP palsu, ada yang mencari figur ada yang apa namanya cari founder," jelasnya.

"Ini benar-benar yang harus dibongkar tuntas," lanjutnya.

Ia menilai jika dalang kasus mafia tanah itu tak ditangkap akan merugikan orang lain. Sebab, menurutnya, kasus serupa bisa terjadi lagi dan menimpa orang lain.

"Karena selama kroconya yang tertangkap apa? Mereka bisa melakukannya lagi 10 kali lipat untuk 10 tahun ke depan dengan orang-orang lain karena perencanaannya nggak pernah tertangkap gitu," lanjutnya.

Berita selanjutnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Di Video Ini, Dino Patti Ungkap Keterlibatan Fredy dan Kasus Mafia Tanah':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT