ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap 3 LP Mafia Tanah Rumah Ibu Dino Patti Djalal Saling Berkaitan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 16:23 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus
Kombes Yusri Yunus (Farih/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menerima tiga laporan (LP) dari kasus dugaan mafia tanah yang menyasar rumah ibunda mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal. Polisi menyebut tiga laporan tersebut saling berkaitan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan tiga laporan itu dibagi menjadi tiga klaster. Klaster pertama terkait adanya tindak pidana penipuan sertifikat rumah yang menimpa ibunda Dino Patti Djalal di daerah Pondok Indah.

"Klatster pertama adalah korban sendiri yang merupakan pemilik dari rumah. Siapa pemiliknya? Ini adalah ibu dari saudara DPJ. Itu kasus pertama," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Sementara itu, di klaster kedua, yang merupakan laporan pada November 2020 dan menyasar rumah ibunda Dino Patti Djalal yang berada di Kemang, Yusri menyebut belum terjadi kerugian materiil di kasus tersebut. Dia mengatakan di kasus tersebut terjadi adanya penipuan berupa pemalsuan identitas.

"Di sini belum terjadi adanya kerugian. Tetapi upaya untuk melakukan kejahatan sudah ada. Sudah ditemukan dengan adanya pada saat itu adanya laporan dan kita lakukan OTT. Tetapi upayanya ada 263 KUHP di sini. Pemalsuan identitas untuk melakukan kejahatan," ujar Yusri.

Sementara itu, di kasus laporan ketiga yang baru dilaporkan pihak Dino akhir Januari lalu, polisi hingga kini masih melakukan penyelidikan. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan gelar perkara untuk menentukan kasus tersebut apa bisa dinaikkan ke tingkat penyidikan.

"Ya yang ketiga ini mudah-mudahan kita akan segera melakukan gelar perkara karena kita sudah mengklarifikasi baik itu pelapornya, saksi-saksi yang lain dan juga beberapa orang yang lain juga, nantinya akan kita gelarkan untuk naik dari penyelidikan ke tingkat penyidikan," ujar Yusri.

Lihat Video: Di Video Ini, Dino Patti Ungkap Keterlibatan Fredy dan Kasus Mafia Tanah

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT