detikcom Do Your Magic

LEZ Kota Tua Bikin Macet sampai Glodok, Warga Berharap Solusi

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 17:31 WIB
Macet di Glodok akibat LEZ Kota Tua, 15 Februari 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Macet di Glodok akibat LEZ Kota Tua, 15 Februari 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan program kawasan rendah emisi atau low emission zone (LEZ) Kota Tua dengan menutup jalan untuk kendaraan bermotor. Penutupan jalan tersebut mengakibatkan kemacetan. Warga pun menantikan solusi atas masalah tersebut.

Salah satu jalan yang di tutup adalah Jl Pintu Besar Utara, yang mengakibatkan kemacetan di Jl Pintu Besar Selatan, Jakarta Barat. Jalan tersebut macet hingga 450 meter sampai kawasan niaga Glodok.

Dani, pengemudi ojek online yang sedang menanti penumpang di Glodok, mengatakan, semenjak jalan tersebut ditutup, macet kerap memanjang hingga Glodok.

"Ya semenjak jalanan sana (Jl Pintu Besar Utara) ditutup ya macetnya ke sini terus, setiap hari, ini pas lagi liburan aja nggak begitu macet, hari-hari biasa mah macet di sini panjang, sampai Pasar Pagi," ujarnya di Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (15/2/2021).

Pengemudi ojek online, Dani, di Glodok. (Afzal Nur Iman/detikcom)Pengemudi ojek online, Dani, di Glodok. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Dani tidak mengerti betul kenapa jalan tersebut ditutup. Namun dia mendukung program LEZ Kota Tua apabila ditujukan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor. Namun ia mengeluhkan kemacetan yang terjadi di tempat dia sehari-hari mencari rezeki.

"Asal jangan jadi bikin sana ditutup, jadi macetnya ke sini, ke mana-mana malahan. Ini sampai jalanan ini (Glodok) macet nih, depan jalan utama macet, itu lurus lampu merah pada dibuang ke kiri (Jl Asemka), sana udah macet, ke sini," lanjutnya.

Selanjutnya, komentar tukang ojek sepeda.

Simak video 'Viral Ojol Ingin Terobos Kawasan Rendah Emisi Kota Tua':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2