detikcom Do Your Magic

Buntut Macet Gegara LEZ Kota Tua sampai ke Glodok

Afzal Nur Iman - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 15:01 WIB
Kemacetan akibat LEZ Kota Tua sampai Glodok, 15 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)
Kemacetan akibat LEZ Kota Tua sampai Glodok, 15 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)
Jakarta -

Kemacetan terjadi akibat lalu lintas di sekitar Kota Tua Jakarta ditutup demi mewujudkan zona rendah emisi (low emission zone/LEZ). Buntut kemacetan ternyata sampai Glodok.

Terpantau, kemacetan yang terjadi jelang penutupan Jl Pintu Besar Utara dekat Museum Mandiri mengular mulai Jl Pintu Besar Selatan. Buntut kemacetan di sini ternyata berujung sekitar 450 meter ke belakang, yakni sampai Glodok, Tamansari Jakarta Barat, tepatnya di sekitar Pasar Glodok dan dekat Pantjoran Tea House.

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di depan Pasar Glodok, Senin (15/2/2021), pukul 14.17 WIB, kendaraan berjalan lambat di ujung Jl Pintu Besar Selatan, sekitar 50 meter dari Pasar Glodok. Jalan tersebut merupakan pertemuan dua jalan, yaitu Jl Gajah Mada dan Jl Pancoran.

Di depan Pasar Glodok sesekali juga terlihat penumpukan kendaraan yang ingin menuju Jl Pintu Besar Selatan atau Jl Pancoran. Kendaraan hanya bisa melaju pelan bahkan harus menghentikan lajunya di jalur tersebut.

Kemacetan akibat LEZ Kota Tua sampai Glodok, 15 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)Kemacetan akibat LEZ Kota Tua sampai Glodok, 15 Februari 2021. (Afzal NI/detikcom)

Kemacetan membentang hingga 450 meter di jalan tersebut. Pengendara sepeda motor terlihat berusaha mencari celah di antara mobil-mobil untuk sampai lebih cepat.

Jl Pancoran menuju Jl Pintu Besar Selatan juga terlihat macet. Kemacetan diperparah dengan ruas jalan yang dipenuhi parkir kendaraan bermotor membuat jalan hanya bisa dilewati satu mobil. Jl Pancoran juga merupakan salah satu jalan menuju Pasar Asemka.

Diketahui, salah satu akses keluar dari Jl Pintu Besar Selatan ditutup akibat program low emission zone (LEZ) atau kawasan rendah emisi. Jalan yang ditutup adalah Jl Pintu Besar Utara yang merupakan akses menuju Kawasan Kota Tua.

(dnu/dnu)