Pengacara WO di Sidang, Sempat Minta Penangguhan Penahanan Gus Nur

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 15:20 WIB
Sidang Gus Nur
Sidang Gus Nur di PN Jaksel (Zunita AP/detikcom)
Jakarta -

Tim pengacara Gus Nur kembali meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Gus Nur. Pengacara juga meminta jaksa menghadirkan Gus Nur secara langsung di sidang.

"Kami berharap, hari ini ada putusan yang bisa mengabulkan penangguhan penahanan. Paling tidak ucapan lisan, untuk dinyatakan," ujar pengacara Gus Nur, Eggi Sudjana, dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2021).

Eggi kemudian menyinggung soal tahanan meninggal di Mabes Polri. Diketahui, Ustadz Maaher at-Thuwailibi meninggal dunia di RS Polri dalam status seorang tahanan Kejagung, yang ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

"Dalam konteks itulah, sudi kiranya, apalagi semalam kita mendengar seorang ulama yang kita cintai, mengembuskan napas terakhirnya di tahanan Mabes. Dengan diduga ada ada macam-macam yang berkembang. Pertanyaan serius, dalam satu sel di Mabes Polri itu ada klien kami, yang sudah mohon (penangguhan) sejak lama. Bagaimana kalau terjadi pada klien kami, tanggung jawab hukum moral hakim di mana," ujar Eggi.

"Dan kita hanya mampu berdoa saja, mau melakukan apa. Agar hakim melepaskan atau menangguhkan penahanan ini," tambahnya.

Eggi menyebut hakim memiliki kewenangan segera memutuskan permohonan penangguhan penahanan Gus Nur. Eggi mendesak hakim mengucapkan putusan penangguhan secara lisan hari ini, namun hakim mengatakan hingga saat ini masih berunding memutus permohonan itu.

"Itu harapan kami kepada majelis ucapkan secara lisan dulu bahwa klien kami bisa ditangguhkan. Kalaupun tidak, kami tidak berdaya. Kami hanya bisa berdoa, Allah Mahakuasa. Azab Allah bisa menimpa kalian. Azab kita ini, ini peristiwa politik, bukan hukum. Kalau peristiwa hukum, nggak begini. Saya kira demikian," kata Eggi.

Gus Nur, yang hadir secara virtual, juga memohon kepada majelis hakim agar permohonannya dikabulkan. Gus Nur meminta tidak ditahan dalam kasus ini.

"Saya sudah 4 bulan di sini, tidak ketemu anak-istri, santri, empat bulan. Yaa, subhanallah, sangat mohon, Pak Hakim. Pengertian. Penangguhan penahanannya mohon dikabulkan," kata Gus Nur.

"Pak Hakim, maaf. Saya pernah sidang di Palu dan di Surabaya, kasusnya sama. Pasalnya sama. Pelapornya sama, persis ini. Dan kami tidak ditahan, kami pulang," lanjut Gus Nur.

"Ya itu masih proses, tapi saat ini belum ya, belum," kata hakim.

Halaman selanjutnya soal pengacara Gus Nur walk out dari sidang...

Simak Video: Gus Yaqut-Said Aqil Tak Hadir Jadi Saksi, Sidang Gus Nur Ditunda

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2