Round-Up

6 Fakta Vonis 10 Tahun Jaksa Pinangki yang Mengejutkan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 05:38 WIB
Terdakwa kasus penerimaan suap dari Djoko Tjandra terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA), Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang pembacaan tuntutan, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (11/1/2021). Mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung  itu dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) empat tahun penjara dan membayar denda Rp.500 juta subsider enam bulan kurungan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

3. Hakim: Pinangki-Anita Kolopaking Buat Action Plan Fatwa MA untuk Djoko Tjandra

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menyatakan Pinangki Sirna Malasari bersalah melakukan korupsi berkaitan dengan upaya pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk Djoko Tjandra. Hakim menyatakan Pinangki berperan membuat action plan fatwa MA.

"Menimbang bahwa dari aplikasi WA chat terdakwa dengan saksi Anita no urut 724-730 tanggal 13 Februari 2020 03.36 pm yang isinya tidak disanggah oleh terdakwa dan saksi Anita telah terbukti benar, kesepakatan membuat action plan pada acara makan malam pada 25 November 2019 telah ditindaklanjuti oleh saksi Andi Irfan Jaya, saksi Anita dan terdakwa yang bersama-sama membuat action plan tersebut," kata hakim Ignasius Eko Purwanto saat membacakan pertimbangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (8/2).

Hakim mengatakan Pinangki terbukti membuat action plan fatwa MA Djoko Tjandra. Hal itu dibuktikan dari barang bukti percakapan antara Anita Kolopaking dan Pinangki.

"Dari percakapan 13 Februari 2020 tersebut dapat disimpulkan action plan telah dibahas bersama-sama terdakwa, saksi Anita, dan saksi Andi Irfan, kemudian dibuat dalam bentuk surat oleh terdakwa, kemudian dikirim oleh terdakwa melalui WA kepada saksi Anita untuk dikoreksi," jelas hakim.

"Uraian action plan tersebut ditemukan dalam data-data komunikasi, chat menggunakan aplikasi WA antara terdakwa dengan saksi Anita. File document action plan format jpg. Menimbang bahwa dengan demikian dapat dipastikan action plan sebagai rencana kegiatan berikut biaya dan penanggung jawabnya yang dituangkan dalam proposal adalah benar adanya," lanjut hakim.