Jejak Kasus Pinangki hingga Divonis 10 Tahun Penjara

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:22 WIB
Sidang pleidoi dengan terdakwa Pinangki Sirna Malasari ditunda karena ayahnya meninggal dunia. Pinangki pun langsung menghadiri pemakaman dengan mata sembab.
Pinangki (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pinangki Sirna Malasari dihukum 10 tahun penjara. Pinangki dinyatakan terbukti bersalah menerima suap USD 450 ribu dari Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) dan melakukan TPPU serta permufakatan jahat.

Pembacaan vonis Pinangki digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (8/2/2021). Persidangan Pinangki diketuai hakim Ignasius Eko Purwanto dengan hakim anggota H Sunarso dan Moch Agus Salim.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Dr Pinangki Sirna Malasari terbukti secara sah san meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan kesatu subsider dan pencucian uang sebagaimana dakwaan kedua, dan permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan ketiga subsider," kata hakim ketua Ignasius Eko Purwanto saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (8/2/2021).

Pinangki dinyatakan melanggar Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Pinangki juga bersalah melakukan permufakatan jahat melanggar Pasal 15 jo Pasal 13 UU Tipikor. Selain itu, Pinangki dinyatakan melanggar pasal pencucian uang, yaitu Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan TPPU.

"Menjatuhkan hukuman pidana hukum kepada terdakwa dengan pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 600 juta, dengan ketentuan apabila tidak tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 6 bulan," ucap hakim Eko.

Kasus dugaan suap Pinangki terungkap berawal dari sebuah foto yang viral di media sosial. Dalam foto tersebut ada sosok Pinangki dan seorang pria yang tak lain adalah Djoko Tjandra.

Dari foto tersebutlah, lembaran demi lembaran hidup Pinangki sebagai seorang jaksa juga terkuak. Pinangki, jaksa yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Begitu yang terungkap.

Pinangki tak hanya diyakini menerima suap. Dia juga dinilai terbukti melakukan pencucian uang dari hasil suap yang diterima dari Djoko Tjandra.

Lalu bagaimana jejak perkara Pinangki? Simak di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Pinangki Jalani Sidang Vonis di PN Tipikor Jakpus Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3