Hakim Sebut Pinangki Berencana Kerja Sama 'King Maker' Bebaskan Djoko Tjandra

Zunita Putri - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:42 WIB
Sidang pleidoi dengan terdakwa Pinangki Sirna Malasari ditunda karena ayahnya meninggal dunia. Pinangki pun langsung menghadiri pemakaman dengan mata sembab.
Pinangki Sirna Malasari divonis 10 tahun penjara. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Majelis hakim membeberkan perbuatan Pinangki Sirna Malasari dalam upaya membantu Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra terbebas dari eksekusi kasus hak tagih (cessie) Bank Bali. Salah satunya, hakim mengatakan Pinangki berencana bekerja sama dengan 'king maker' untuk membebaskan Djoko Tjandra dari tuntutan.

"Menimbang pada tanggal 19 November 2019 terdakwa dan saksi Rahmat mengenalkan saksi Anita Kolopaking yang dilanjutkan pada pembahasan masalah hukum Joko Soegiarto Tjandra, terdakwa memberikan penjelasan kepada Djoko Tjandra mengenai langkah-langkah yang harus dilalui oleh Joko Soegiarto Tjandra untuk bisa masuk kembali ke Indonesia, dengan mengatakan 'Bapak ditahan dulu sementara, sambil kita urusi PK-nya di pengadilan, nanti semua ini saya laporkan ke king maker'," ujar hakim Suharno di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/2/2021).

Hakim Suharno mengatakan Pinangki bersama Anita Kolopaking dan Djoko Tjandra bekerja sama mengusahakan Djoko Tjandra bebas dari eksekusi putusan PK kasus hak tagih (cessie) Bank Bali. Pinangki memerintahkan Anita selaku pengacara bersurat ke Kejagung kemudian surat itu akan ditindaklanjuti Pinangki.

"Namun terdakwa tidak dijelaskan siapa king maker, terdakwa bersama Anita Kolopaking dan Joko Soegiarto Tjandra juga membahas bagaimana memulangkan Joko Soegiarto Tjandra dengan fatwa MA melalui Kejagung dapat menindaklanjuti putusan MK Nomor 33 dengan tujuan agar pidana yang dijatuhkan Joko Soegiarto Tjandra berdasarkan putusan PK 11 Juni 2009 tidak bisa dieksekusi, sehingga saksi Djoko Tjandra bisa kembali kr Indonesia tanpa harus dipidana," beber hakim.

"Dengan cara Anita Kolopakinh bersurat ke Kejagung menanyakan status hukum Joko Soegiarto Tjandra, kemudian terdakwa yang akan tindak lanjuti surat yang dikirim Anita Kolopaking," lanjut hakim.

Siapa King Maker kolega Pinangki? Simak di halaman selanjutnya --->>

Selanjutnya
Halaman
1 2