Round-Up

11 Fakta Mencekam 2 Harimau Sinka Zoo Lepas dari Kandang-Terkam Pawang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 06:08 WIB
Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)
Foto: Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)
Singkawang -

Hujan deras mengakibatkan longsor di kawasan Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Dua harimau lepas dari kandang dan menerkam pawang hingga tewas.

Awalnya, beredar kabar dari screenshot di aplikasi WhatsApp mengenai lepasnya harimau di Sinka Zoo. Pengurus Sinka Zoo, Singkawang, Elka Surya, mengungkapkan dua harimau lepas dari kandangnya pada Jumat (5/2). Kandang harimau tersebut jebol karena adanya longsor akibat hujan yang mengguyur selama beberapa hari ini.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar kemudian turun tangan menindaklanjuti info lepasnya harimau ini.

"Personel sudah bergerak ke lokasi. Informasi yang jelas dan pasti masih diupayakan," ujar Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta.

Berikut 11 fakta mencekam harimau di Sinka Zoo lepas dari kandang hingga terkam pawang:

Ini Kronologi Harimau Lepas di Sinka Zoo

Kepala BKSDA Kalbar menjelaskan kronologi 2 ekor harimau benggala lepas dari kandangnya di Sinka Zoo. Berikut uraiannya:

Jumat, 5 Februari 2021
Pukul 13.00 WIB

Keeper bernama Agus mengeluarkan harimau benggala bernama Tora dan Eka untuk bermain di kolam. Kolam ini terletak di belakang kandang harimau dan masih berpagar. Kegiatan ini merupakan kebiasaan dalam perawatan.

Namun setelah mengeluarkan harimau dari kandang, Agus pergi. Dia lalu meminta rekannya untuk menjaga kedua harimau yang berada di kolam itu lewat WhatsApp. Tidak dijelaskan lebih rinci ke mana Agus pergi dan untuk keperluan apa. Namun Agus tidak memastikan apakah rekannya menjalankan permintaan untuk menjaga harimau tersebut.

Pukul 16.30 WIB

Suasana pencarian harimau lepas di Sinka Zoo Singkawang Kalbar (Adi Saputro/detikcom)Upaya pencarian harimau lepas di Sinka Zoo Singkawang Kalbar menggunakan drone (Adi Saputro/detikcom)

Agus melihat jasad keeper kuda, Fery Hermawan, tewas di dekat kandang harimau. Diduga Fery tewas diterkam harimau.

Agus bersama temannya lalu mencari keberadaan harimau. Harimau bernama Eka ditemukan di dekat kandang monyet. Sementara harimau bernama Tora berada di dekat toilet sambil membawa sandal korban Fery. Harimau Tora kemudian menghilang.

Pukul 23.00 WIB

Petugas masih melakukan pencarian. Tim gabungan ini melibatkan BKSDA Kalbar, pengelola Sinka Zoo Singkawang, pemda Singkawang, dan TNI-Polri. BKSDA Kalbar juga melibatkan Tim Wildlife Rescue Unit, yang di dalamnya tergabung dokter hewan, baik dari BKSDA Kalbar, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, maupun dari Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang.

Sabtu, 6 Februari 2021

Polisi mengabarkan satu harimau dilumpuhkan petugas hingga mati. Petugas gabungan masih mencari seekor harimau lainnya. Petugas lalu mengepung sekitar lokasi lepasnya harimau tersebut.

Atas kejadian ini, petugas meminta masyarakat sekitar agar sementara tidak beraktivitas di luar rumah, selalu waspada dan berhati-hati. Masyarakat juga diminta melaporkan jika ada informasi dan perkembangan terkait lepasnya dua harimau ini ke call center BKSDA Kalbar di nomor 08115776767.

Harimau Terkam pawang hingga Tewas

Seorang petugas di Sinka Zoo tewas akibat diterkam harimau yang lepas itu. Seorang penjaga satwa harimau, Agus Alpian (52), menceritakan lebih lanjut awal mula lepasnya harimau itu.

Agus mengatakan mengaku tengah beristirahat pukul 13.00 WIB dan mengeluarkan harimau dari kandang ke area bermain. Kemudian dia keluar dari kandang untuk mengantar motor dan membeli perlengkapan mandi harimau.

Agus lalu menyuruh rekannya, Fery, untuk memberi makan dan memasukkan harimau serta beruang ke dalam kandang. Saat itu Agus tengah izin kepada pengawas untuk tidak melanjutkan pekerjaan karena ada urusan.

Lalu Agus mendapat kabar dari rekannya bahwa dua harimau itu tidak ada. Kondisi kandangnya pun jebol.

Simak juga video 'Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!':

[Gambas:Video 20detik]



Apa fakta lain terkait lepasnya harimau benggala ini? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3