2 Harimau di Sinka Zoo Kabur dari Lubang Besar di Kandang Akibat Longsor

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 13:15 WIB
Seekor Harimau Sumatera di Riau dilepasliarkan setelah terkena jerat sembilan bulan lalu. Harimau betina bernama Corina itu kini kondisinya sudah sehat.
Ilustrasi harimau (Foto: dok. Balai Besar KSDA Riau)
Jakarta -

Dua ekor harimau di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), lepas dari kandang. Kedua karnivora itu kabur lewat lubang di kandang yang muncul akibat terjadinya longsor.

"Keluarnya harimau dari kandang ini diduga akibat hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir yang mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berdasarkan laporan dari Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor, Sabtu (6/2/2021).

"Longsor tersebut menyebabkan lubang yang cukup besar di kandang harimau, yang kemudian digunakan untuk kedua ekor harimau ini kabur," tambahnya.

Kedua harimau tersebut bernama Toto dan Eka. Keduanya diketahui lepas dari kandang pada Jumat (5/2) sekitar pukul 16.30 WIB.

Penjaga harimau, Agus, awalnya melihat seorang penjaga kuda bernama Fery Hermawan diduga tewas akibat serangan binatang buas di dekat kandang harimau. Setelah itu, Agus bersama temannya mencari keberadaan harimau.

"Satu ekor harimau (Eka) ditemukan di dekat kandang monyet, dan satu ekor lagi (Toto) berada di dekat toilet sambil membawa sandal korban atas nama Fery. Harimau (Toto) kemudian menghilang dan sampai pukul 23.00 WIB masih dalam pencarian," kata dia.

Pencarian kedua harimau ini melibatkan sejumlah pihak. Tim gabungan ini melibatkan BKSDA Kalbar, pengelola Sinka Zoo Singkawang, pemda Singkawang, dan TNI-Polri. BKSDA Kalbar juga melibatkan Tim Wildlife Rescue Unit, yang di dalamnya tergabung dokter hewan, baik dari BKSDA Kalbar, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, maupun dari Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang.

Kabar terbaru, satu harimau dilumpuhkan petugas hingga mati. Petugas gabungan masih mencari seekor harimau lainnya.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati. Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sudah mati ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2).

Tonton juga Video: Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)