Ditembak Bius, Harimau Sinka Zoo Kedua yang Lepas Diamankan Petugas!

Adi Saputro - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 19:39 WIB
Tim gabungan berupaya mencari harimau Benggala yang lepas dari kandang di Sinka Zoo Singkawang (Adi Saputro/detikcom)
Tim gabungan berupaya mencari harimau Benggala yang lepas dari kandang di Sinka Zoo, Singkawang. (Adi Saputro/detikcom)
Singkawang -

Petugas gabungan berhasil mengamankan satu ekor harimau Benggala terakhir yang sempat lepas dari kandangnya di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Harimau bernama Tora tersebut ditembak bius oleh petugas.

"Alhamdulillah, setelah kurang-lebih 24 jam proses pencarian dua ekor harimau yang kemarin sempat lepas dari kandangnya, tadi sore, sekitar pukul 18.00 WIB, untuk harimau kedua atas nama Tora sudah berhasil kita temukan dan kami amankan dengan cara membius," kata Kapolres Singkawang AKBP Prasetio di lokasi, Sabtu (6/2/2021).

AKBP Prasetio menjelaskan soal proses petugas hingga mengamankan harimau Tora. Petugas dibantu penjaga atau pawang (keeper) untuk menangani hewan karnivora ini.

"Untuk harimau yang kedua, Tora, ini masih bisa diajak berkomunikasi dengan keeper-nya, sehingga ketika dipanggil pun masih diam, dan berhasil kami lakukan penembakan dengan peluru maupun obat bius," kata dia.

"Sehingga, saat obatnya sudah bereaksi, tim gabungan TNI-Polri dan BKSDA bisa mengamankan harimau atas nama Tora," tambah Prasetio.

Sebelumnya diberitakan, dua ekor harimau lepas dari kandangnya pada Jumat (5/2) siang. Hal itu diketahui setelah pawang bernama Agus kembali ke Sinka Zoo dan kaget melihat seorang penjaga atau pawang kuda tewas. Agus lalu mencari harimau yang diduga menyerang pawang kuda bernama Fery tersebut.

"Satu ekor harimau (Eka) ditemukan di dekat kandang monyet, dan satu ekor lagi (Tora) berada di dekat toilet sambil membawa sandal korban atas nama Fery. Harimau (Tora) kemudian menghilang dan sampai pukul 23.00 WIB masih dalam pencarian," kata Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor dalam keterangannya.

Satu harimau bernama Eka dilumpuhkan petugas hingga mati. Petugas gabungan masih mencari seekor harimau lainnya.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati. Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sudah mati ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2).

Lihat juga Video: Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/hri)