Round-Up

11 Fakta Mencekam 2 Harimau Sinka Zoo Lepas dari Kandang-Terkam Pawang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 06:08 WIB
Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)
Foto: Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)

Kemudian Agus kembali untuk memeriksa. Agus pun melihat satu petugas sudah tergeletak. Korban dibawa ke rumah sakit Abdul Azis Singkawang untuk dilakukan pertolongan pertama. Namun nyawa korban tak tertolong lagi.

Satu Harimau Mati Dilumpuhkan

Satu harimau yang lepas dari kandang di Sinka Zoo dilumpuhkan petugas hingga mati. Harimau bernama Eka tersebut terpaksa ditembak mati karena faktor keamanan petugas dan masyarakat sekitar.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati. Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sdh mati, ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2).

TNI dan Polri Cari Harimau Lepas

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengimbau pihak pengelola untuk menutup tempat wisata rekreasi untuk sementara waktu pasca lepasnya dua Harimau dari kebun binatang Sinka Zoo. Tjhai Chui Mie mengatakan saat ini TNI-Polri masih melakukan pengawasan di sekitar lokasi.

"Saat ini Dandim dan Kapolres juga ikut mengawal pasca lepasnya dua satwa harimau di Sinka Zoo, begitu juga petugas yang membuka kandang dan memberi makan agar berhati-hati lagi. Dan saya yakin dua harimau yang lepas itu bisa ditangkap kembali," ujar Tjhai Chui Mie, Sabtu (6/2).

Dihubungi terpisah, Kapolsek Singkawang Selatan, Iptu Ronald Napitupulu, mengatakan sejumlah personel juga telah turun ke lapangan dengan menyisir hutan.

Suasana pencarian harimau lepas di Sinka Zoo Singkawang Kalbar (Adi Saputro/detikcom)Bius yang disiapkan dalam penanganan 2 ekor harimau kabur (Adi Saputro/detikcom)

Tim Gabungan Kepung Lokasi Harimau Lepas

Petugas saat ini sudah mengepung sekitar lokasi lepasnya dua harimau tersebut. Tim gabungan ini terdiri dari Kodim 1202 Singkawang, Polres Singkawang, hingga pihak BKSDA Kalbar.

"Untuk saat ini tim gabungan dari BKSDA Kota Singkawang, Sintang dan provinsi, Kodim 1202 Singkawang dan Polres Singkawang telah berada di lokasi sekitar tempat lepasnya dua harimau tersebut sejak kemarin sore," kata Dandim 1202/Skw, Letkol (Inf) Condro Edi Wibowo saat dihubungi, Sabtu (6/2).

Dia mengimbau warga, khususnya di sekitar lokasi untuk meningkatkan kewaspadaan namun tetap tenang dan tidak panik.

Harimau Kabur dari Lubang Besar di Kandang Akibat Longsor

Kedua karnivora itu kabur lewat lubang di kandang yang muncul akibat terjadinya longsor. Harimau lalu kabur keluar kandang.

Bagaimana akhir pencarian seekor harimau benggala bernama Tora yang kabur dari kandang? Simak halaman selanjutnya.