Kibo, Buron Begal Pesepeda Staf Ahli KLHK di Kembangan Ditangkap!

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 11:31 WIB
Polisi tangkap DPO begal pesepeda Staf Ahli KLHK
Kasat Reskrim Polres Jakbar AKBP Teuku Arsya Khadafi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Buron begal pesepeda Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Slamet Supriyadi, ditangkap polisi. Buron begal pesepeda berinisial K alias Kibo itu ditangkap di Serang, Banten.

"Ya betul, tersangka K, yang merupakan DPO dari kasus begal sepeda yang sebelumnya sudah kami rilis atas nama Saudara K, sudah berhasil ditangkap. Ditangkapnya itu di Serang pada Senin malam kemarin," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Teuku Arsya Khadafi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/2/2021).

Arsya mengatakan tersangka K bersembunyi di rumah kerabatnya di Serang, Banten, untuk menghindari kejaran dari aparat kepolisian. Keberadaannya diketahui berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar.

Polisi kemudian menyelidiki informasi tersebut. Tidak butuh waktu lama, polisi pun menangkap Kibo.

"Ternyata benar yang bersangkutan pernah dilihat di wilayah tersebut. Hanya, selama pelariannya, Saudara K selalu di dalam rumah mengurangi kegiatan di luar untuk menghindari dikenali orang, terutama setelah kita melakukan rilis," kata Arsya.

Peran Kibo

Arsya menjelaskan Kibo memiliki peran sebagai joki sepeda motor pada saat beraksi. Kibo juga terkadang menjadi eksekutor yang menjambret ponsel korban saat melakukan aksinya di beberapa wilayah.

"Dalam kelompok begal sepeda ini memang mereka kan perannya berganti-ganti antara yang menjadi joki ataupun eksekutor. Saudara K memang lebih sering menjadi joki. Karena memang memiliki keahlian dalam mengendarai sepeda motor untuk menghindari apabila sewaktu-waktu mereka dikejar oleh aparat kepolisian atau masyarakat pada saat melaksanakan kejahatan," jelas Arsya.

Simak selengkapnya aksi Kibo dkk di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2