detikcom Do Your Magic

'Kali Sampah' Dibersihkan, Warga Ingin Ekskavator Lanjut Keruk Sungai

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 18:18 WIB
Kali Baru Cijantung yang mengalir di Tugu, Cimanggis, Depok, mulai bersih, 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Kali Baru Cijantung yang mengalir di Tugu, Cimanggis, Depok, mulai bersih, 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Depok -

Sampah yang menumpuk di aliran Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kota Depok kini sudah diangkut menggunakan ekskavator. Warga ingin ekskavator lanjut mengeruk kali sampai ke jembatan Pasar Pal Tugu.

"Kemudian hari ini beko (ekskavator) alat beratnya sudah mencapai KM 29 jembatan itu (jembatan merah), namun ingin terus ke pasar, karena target kami warga sepakat supaya pengerukan sampai jembatan pasar (pasar Pal Tugu)," kata RW 04 Kampung Palsigunung Sentot Hariyono, saat ditemui di kediamannya, Senin (1/2/2021).

Titik pembersihan ekskavator ada di Kali Baru Cijantung bawah jembatan YKK Cimanggis atau sekitar Jl Jakarta-Bogor KM 29. Warga ingin agar ekskavator terus mengeruk sampai ke Pasar Pal Tugu. Jarak antara titik jembatan YKK Cimanggis ke Pasar Pal Tugu sekitar 500 sampai 600 meter.

Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala sebelum ekskavator mencapai jembatan Pasar Pal Tugu. Jembatan Merah yang terletak di Kampung Palsigunung terlalu kecil untuk dilalui ekskavator yang ada.

"Tetapi operator tadi sempat sudah bicara dengan saya crane-nya bisa dikecilkan, itu rencana besok, sehingga insyaallah nanti bisa sampek ke pasar," ujar Sentot.

Kemudian untuk sisa tumpukan sampah yang sebelumnya sudah dilakukan pembersihan oleh warga akan ditimbun dengan lumpur kali hasil pengerukan ekskavator. Dengan begitu, sampah yang tertimbun di pinggir sungai Kampung Palsigunung tak terlihat lagi.

"Kemudian kemarin sisa tumpukkan sampah bekas kerja bakti ini akan diurug dengan lumpur yang ada di kali, sehingga sudah tidak tampak ada sampah lagi," ungkap Sentot.

Selanjutnya
Halaman
1 2