detikcom Do Your Magic

Pemkot Depok Siap Bantu Warga Kampung Bersihkan Tebing 'Kali Sampah'

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 13:38 WIB
Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Depok -

Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kelurahan Tugu Kota Depok mulai bersih dan tidak seperti 'kali sampah' lagi. Pemerintah Kota Depok lewat Dinas Lingkungan Hidup siap membantu warga untuk membersihkan tebing sampah yang tersisa di sisi-sisi kali kawasan permukiman.

Tebing-tebing dengan sampah yang menumpuk ada di RW 04 Kampung Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Kota Depok. Lokasinya sulit diakses alat berat karena berada di tengah permukiman. Cara yang paling mungkin adalah diangkut pakai cara manual dengan peralatan sederhana.

"Di tebing itu insyaallah nanti kita koordinasi lagi dengan pihak RW maunya bagaimana mereka, kalau memang mereka harus angkut bersih ya kita siap bantu," kata Koordinator Kecamatan Cimanggis DLH Kota Depok Yanto, ditemui detikcom di depan jembatan YKK Cimanggis, Jl Raya Jakarta-Bogor Km 29, Depok, Senin (1/2/2021).

Sebelumnya pada hari Minggu (31/1) warga sudah berkoordinasi dengan pihak DLH Kota Depok untuk membersihkan terbing tersebut. Pihak DLH meminta masyarakat bertanggung jawab dengan turut serta membersihkan tebing tersebut.

"Itu dibersihkan kemarin hari Minggu. Masyarakat sekitar kerja bakti, kami hanya menyiapkan armada, jadi kita kerja sama dengan masyarakat sekitar. Karena mereka yang buang ya mereka yang harus bertanggung jawab. Jadi kita bersatu untuk mengatasi itu," ujar Yanto.

Setelah acara kerja bakti, DLH Kota Depok akan menyiapkan armada rutin untuk mengambil sampah dari warga. Nantinya akan ada kendaraan sampah seminggu dua kali yang mengambil sampah di masyarakat setempat.

"Dan untuk kelanjutannya, kami sudah menyiapkan armada rutinitas, mereka tidak akan lagi buang ke sisi kali, nanti kita antisipasi seminggu dua kali. Kita sudah koordinasi dengan pihak RW RT, RW 4 Tugu sama RT 1,2,3,6 kita sudah antisipasi," ungkap Yanto.

Selanjutnya, warga diimbau menjaga kebersihan:

Selanjutnya
Halaman
1 2