detikcom Do Your Magic

Pembersihan 'Kali Sampah' di Cimanggis Depok Lanjut Terus

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 10:01 WIB
Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Depok -

Sampah yang menumpuk di aliran Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kota Depok masih dalam proses pembersihan. Proses pembersihan dilakukan dengan cara mengangkut sampah dengan menggunakan alat berat.

Pantauan detikcom di lokasi jembatan YKK Cimanggis, Jl Jakarta Bogor Km 29, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada Senin (1/2/2021) pukul 09.00 WIB, terdapat dua ekskavator yang digunakan untuk mengangkat sampah dari aliran sungai.

Satu ekskavator besar berwarna kuning untuk mengeruk sampah, sedangkan ekskavator berwarna merah yang lebih kecil menerima sampah dari ekskavator di bawah untuk kemudian dioper ke dump truck (truk jungkit).

Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) terus dibersihkan. Pemandangan 1 Februari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Terlihat 1 tronton dump truck dan 2 dump truck berada di lokasi. Tronton dump truck sudah penuh berisi muatan, kemudian sampah akan dibuang di TPA Cipayung.

Volume sampah di jembatan depan PT YKK juga terlihat sudah berkurang dari hari sebelumnya. Sampah sudah tidak terlihat mengular panjang.

Di tempat lain, di kawasan jembatan merah, Kampung Palsigunung, yang sebelumnya terdapat sampah menumpuk, sekarang sudah terpantau mulai lebih bersih. Aliran sungai terlihat lancar tanpa sampah. Namun, pinggiran sungai masih penuh sampah bercampur dengan tanah.

Selanjutnya, rencana warga menjaga kebersihan setelah kali dibersihkan:



Simak Video "Melihat 'Kali Sampah' di Depok yang Mulai Dibersihkan"
[Gambas:Video 20detik]