Komisi IX Skors Rapat karena Materi Paparan Menkes Budi Belum Lengkap

Eva Safitri - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 17:18 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (detikcom)
Jakarta -

Komisi IX DPR menskors rapat bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hari ini. Rapat diskors karena paparan Menkes Budi Sadikin dianggap tidak detail oleh para anggota Komisi IX.

Sejatinya rapat kerja Komisi IX hari ini, Senin (1/2/2021), beragendakan terkait arah dan kebijakan Kemenkes di 2021 beserta anggarannya. Tapi apa yang dipaparkan Menkes Budi Sadikin tidak sesuai dengan harapan anggora Komisi IX.

"Ya paparan yang disampaikan Menkes tidak detail sehingga anggota Komisi IX kesulitan mempelajari dan memberikan masukan. Yang disampaikan Pak Menkes adalah hanya sebatas penambahan anggaran untuk penanganan COVID saja, semestinya agendanya adalah penjelasan garis besar anggaran 2021," kata anggota Komisi IX Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo, Senin (1/2/2021).

Anggota Komisi IX lainnya, Dewi Aryani, mengatakan hal yang sama. Dewi memberikan catatan agar Menkes Budi Sadikin memberikan penjelasan terkait anggaran, tidak mencampurkan hal lain dalam rapat khusus ini.

"Bahwa memang agenda jelas kita bahas anggaran tahun 2021, saya sedikit memberi keterangan, tadi disebutkan Pak Menteri sampaikan pertemuan. Pertemuan apa pun dengan pihak pemerintah dengan kapoksi tidak bisa dikaitkan pembahasan anggaran dan fungsi pengawasan. Karena namanya pembahasan, pengawasan dilaksanakan di rapat resmi," katanya.

Untuk itulah rapat bersama Menkes Budi Sadikin ini diskors.

"Tadi saya liat dari yang bertanya cukup banyak sekali yang inginkan itu mendapatkan detail per eselon, jadi rapat kita skors dengan paparan yang sudah seperti biasa," kata Ansory Siregar, yang memimpin rapat hari ini.

Simak penjelasan Menkes Budi Sadikin soal materi paparannya belum lengkap di halaman selanjutnya.