Komisi IX soal Permintaan Wagub DKI: Lumrah, Kondisi RS Mengkhawatirkan

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 05:48 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh
Nihayatul Wafiroh (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) meminta pemerintah pusat menambah fasilitas rumah sakit di Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi). Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh menilai permintaan Ahmad Riza Patria adalah hal yang wajar.

"Sekarang segalanya harus dilakukan, jadi yang dilakukan Pak Wagub lumrah, karena kondisi TT (tempat tidur) RS sudah mulai mengkhawatirkan," ujar Nihayatul Wafiroh kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Penambahan faskes yang diminta Wagub DKI itu agar pasien COVID-19 bukan warga Jakarta bisa dirawat di daerah masing-masing. Nihayatul menyebut setiap wilayah harus bahu membahu dalam melakukan pelayanan kepada pasien COVID-19 tanpa melihat domisili.

"Sebagai daerah penopang memang harus saling kerjasama," jelas Nihayatul.

Menurutnya ada 2 alasan kenapa banyaknya warga Botabek yang dirawat di Jakarta. Pertama, karena kapasitas tempat tidur isolasi di rumah sakit Jakarta lebih banyak ketimbang di daerah satelit.

"Kedua, karena mereka tinggal (indekos) di Jakarta," sebutnya.

Sebelumnya, Ahmad Riza Patria meminta pemerintah pusat memperhatikan daerah penyangga, terutama soal fasilitas rumah sakit. Menurutnya, banyak warga Botabek yang justru dirawat di Jakarta karena keterbatasan fasilitas kesehatan di daerah. (isa/idn)