Warga Pekanbaru Mengeluh: Belum Tuntas Masalah Sampah, Kini Lampu Jalan Mati

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 15:15 WIB
Jalan di Pekanbaru, Riau, tadi malam gelap. Pemadaman listrik akibat Pemkot Pekanbaru diduga tak membayar tagihan listrik
Lampu jalan di Pekanbaru mati. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Warga Pekanbaru, Riau, mengeluhkan banyaknya masalah di kota mereka. Belum tuntas persoalan tumpukan sampah yang berserakan, kini warga Pekanbaru harus gelap-gelapan saat malam hari karena lampu jalan mati akibat Pemkot menunggak tagihan listrik.

"Masalah sampah belum selesai, ini sudah kena lagi masalah lampu jalan," kata seorang warga, Saudi, di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Senin (1/2/2021).

Saudi meminta Pemkot Pekanbaru bergerak cepat menuntaskan permasalahan yang dialami warga, seperti tumpukan sampah dan lampu jalan padam. Dia mengatakan sampah yang tak diangkut hingga membusuk dan padamnya lampu jalan sangat berdampak pada warga.

"Harus cepatlah ditangani, jangan Wali Kota diam saja. Ini kan menyangkut kepentingan masyarakat, sampah bau, menumpuk yang kena imbas masyarakat. Lampu jalan mati juga kena imbas masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Yuliarso menyebut pemadaman lampu jalan terjadi karena ada pembayaran yang tertunda. Dia mengatakan tunggakan itu berjumlah Rp 5,9 miliar.

"Iya padam, tapi bukan tunggakan. Itu pembayaran rutin kita yang terlambat," kata Yuliarso.

"Dana telat bayar Rp 5,9 miliar, ini tagihan rutin satu bulan terakhir. Terkait kenapa dipadamkan ya tanyakan orang PLN saja, mereka saya rasa akan jawab itu. Silahkan koordinasi saja ke sana, karena ini bukan tunggakan, telat tagihan saja," sambung Yuliarso.

Staf Humas PLN Area Pekanbaru, Dwi, membenarkan listrik padam karena ada tunggakan. Namun pemadaman masih bersifat sementara.

"Iya ada tunggakan, pemadaman bersifat sementara. Kalau dibayarkan pasti kami hidupkan lagi," kata Dwi.

(ras/haf)