Pemkot soal Lampu Jalan di Pekanbaru Padam: Telat Bayar

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 12:55 WIB
lampu jalan pekanbaru dipadamkan
Lampu di Pekanbaru padam. (Chaidir Tanjung/detikcom)
Pekanbaru -

Lampu penerangan jalan umum di jalan protokol Kota Pekanbaru, Riau, padam. Pemkot Pekanbaru membantah adanya tunggakan listrik.

"Iya padam, tapi bukan tunggakan. Itu pembayaran rutin kita yang terlambat," tegas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

Diakui Yuliarso, pemadaman terjadi sejak beberapa hari terakhir. Namun pihaknya mengaku sudah berupaya mengatasi hal itu agar lampu tidak dipadamkan.

"Kami sebenarnya sudah koordinasi sama PLN. Intinya tanggal 20 Januari gaji kami telat pembayaran, gaji kita juga telat. Jadi ada proses manual, makanya jadi padam," kata Yuliarso.

Jalan di Pekanbaru, Riau, tadi malam gelap. Pemadaman listrik akibat Pemkot Pekanbaru diduga tak membayar tagihan listrikJalan di Pekanbaru, Riau, tadi malam gelap. Pemadaman listrik akibat Pemkot Pekanbaru diduga tak membayar tagihan listrik. (Raja Adil Siregar/detikcom)

Pantauan detikcom, lampu jalan di Tuanku Tambusai, Jalan Arengka, dan Sudirman, Kota Pekanbaru, tadi malam padam. Sumber penerangan hanya dari kendaraan bermotor yang melintasi jalan dan bangunan-bangunan di pinggir jalan.

Seorang pedagang, Herlina Dewi, mengatakan lampu jalan padam sudah sejak beberapa malam terakhir.

"Sudah beberapa malam ini padam lampu jalan. Khusus di Jalan Tambusai, itu mulai tadi malam nggak hidup lampu jalannya," terang Herlina.

Tak hanya Herlina, warga lainnya, Sultan Kevinsyah, mengaku khawatir melihat lampu jalan padam. Sebab, kurangnya penerangan membuat jalanan sepi dan rawan kejahatan.

"Iya gelap, kita khawatir juga nanti dapat menimbulkan kejahatan. Tadi malam di beberapa titik memang lampu jalan padam, jadi gelap," katanya.

(ras/isa)