Pecatan Polisi Ditangkap Tipu Warga di Jaktim, Tilap Rp 140 Juta

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 16:08 WIB
Pecatan polisi ditangkap melakukan penipuan
Pecatan polisi ditangkap melakukan penipuan. (Yogi Ernes/dtikcom)
Jakarta -

Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang pria inisial RMF alias SH (34) atas dugaan penipuan kepada korban berinisial S, warga Jakarta Timur. Pelaku diketahui merupakan pecatan Polri.

"Dia mantan anggota Polri, pecatan Polda Sumsel pangkat iptu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Yusri sedikit menyinggung soal mengapa RMF dipecat, yakni karena desersi atau meninggalkan dinas dalam waktu yang cukup lama.

"Dia desersi ya, tidak pernah masuk kantor sekian lama, sehingga dilakukan pemberhentian secara tidak hormat," imbuhnya.

Kasus ini bermula saat pelaku menjanjikan memberikan pinjaman uang kepada korban hingga Rp 3 miliar. Saat itu pelaku mengaku memiliki jaringan di Bank Dunia untuk bisa melakukan pinjaman tersebut.

Selain itu, kepada korban, pelaku mengaku sebagai seorang polisi berpangkat AKBP yang tengah berdinas di Mabes Polri.

"Ini mengaku polisi berdinas di Mabes Polri berpangkat AKBP dan punya jaringan sampai Bank Dunia untuk bisa pinjam uang dengan persyaratan mudah tapi harus memiliki agunan berupa sertifikat," terang Yusri.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2