Awas Hati-hati! Akun Facebook Palsu Bupati Purwakarta Minta Pulsa

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 18:46 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Foto: Dian Firmansyah
Purwakarta -

Warga purwakarta dihebohkan dengan akun facebook mengatasnamakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, minta pulsa ke warga. Aku palsu tersebut menggunakan foto profil Anne yang mengenakan pakain dinas bupati.

Percakapan antara akun facebook palsu bupati purwakarta dengan korban tersebar dan diunggah di grup Facebook 'Informasi Purwakarta Terkini' oleh akun facebook Ida Bunda Azkya. Selain posting tangkapan layar percakapan, akun ini memberikan penjelasan akun facebook atas nama bupati itu palsu dan sudah meminta pulsa ke warga.

Akun palsu itu meminta nomor telepon atau WhatsApp dengan alasan untuk lebih nyaman percakapannya, namun setelah nomor dikirim, ada intruksi untuk memberikan nomor 6 digit yang dikirim via SMS. Nomor itu harus dikirim segera ke nomor telepon oknum penipuan tersebut.

Setelah selesai, akun WhatsApp korban tidak bisa digunakan oleh korban, tiba-tiba ada pesan secara broadcast ke setiap nomor yang ada pada kontak ponsel korban, dengan isi pesan meminta pulsa karena kondisi darurat. Sudah ada warga yang menjadi korban penipuan ini, mereka mengirim pulsa mulai dari Rp. 200-400 ribu.

Bupati Purwakarta Anne Ratna MustikaBupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Foto: istimewa

Detikcom mencoba mengkonfirmasi kejadian ini kepada akun facebook yang posting kabar tersebut. Ia membenarkan kejadian itu benar adanya dan ia sempat menerima pesan minta pulsa itu.

"Alhamdulillah saya langsung di asih tahu teman kalau itu penipuan. Saya enggak bales. Kalo temen saya ada yang sudah transfer. Sekarang nomor temen saya error, temen sayanya langsung ganti nomor," ujar Ida Bunda Azkya melalui aplikasi massanger kepada detikcom, Rabu (27/01/2021).

Sementara itu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika memastikan akun tersebut palsu. Ia menegaskan jika hanya memiliki satu akun facebook dan sudah diketahui oleh masyarakat luas.

"Jadi saya tegaskan bahwa beberapa hari yang lalu itu dilaporkan ada akun yang memuat foto saya kemudian melakukan hal-hal yang tidak benar, yaitu tadi ada yang meminta sejumlah uang kemudian juga ada yang minta pulsa. Setelah diidentifikasi akun itu adalah palsu dan saya yakin kan itu bukan akun saya," ujar Ambu Anne Sapaan hangat Bupati Purwakarta, ditemui di pendopo Purwakarta, Rabu (27/1/2021).

Anne meminta apabila ada warga Purwakarta maupun warga luar Purwakarta yang menjadi korban harap lapor ke polisi, agar diproses dan dan tidak terulang atau banyak korban lagi.

Ia juga berpesan agar masyarakat lebih hati-hati dalam menggunakan media sosial, jangan terhasut bujuk rayu.

"Tentunya kita akan melaporkan agar linknya itu dihapus tetapi kalau kemudian terus dilakukan, mungkin upaya yang lain termasuk adalah upaya hukum akan kita ambil," katanya.

Dilihat detikcom di postingan itu pada Rabu (27/01/2021) pukul 17.30 sudah dikomentari oleh warganet sebanyak 194 komentar, 62 kali di bagikan dan 351 disukai.

Beragam komentar yang mayoritas tidak percaya jika itu akun resmi Bupati Purwakarta, warganet mengaku mengenal dan mengetahui tindak tanduk bupatinya tidak ada melakukan aksi tersebut.

(ern/ern)