Aulia Rachman Bicara soal Permukiman Warga Medan Terendam Banjir Sebulan

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 17:38 WIB
Banjir Medan Maimun
Banjir Medan Maimun (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Wakil Wali Kota Medan terpilih, Aulia Rachman, angkat bicara terkait permasalahan banjir yang sebulan ini sudah terjadi di permukiman warga Medan Maimun, Medan. Aulia mengungkapkan strategi yang akan dia jalankan jika sudah resmi dilantik.

"Mungkin nanti kami akan koordinasi dengan camat dulu, lurah dulu, kita ingin tahu apa yang menjadi kendala di situ. Kita lihat apa mungkin karena sedimen terlampau tebal, tidak pernah di-cleaning. Nanti kita akan coba tanya. Setidaknya, camat harus melakukan satu tindakan saat ini, nggak perlu tunggu kita dilantik. Jadi camat di situ harus berkoordinasi dengan PU. Insyaallah PU akan datang untuk melihat kondisi itu," kata Wakil Wali Kota Medan, yang menang dalam Pilkada 2020, Aulia Rachman saat dimintai konfirmasi, Minggu (24/1/2021).

Aulia Rachman, yang merupakan pasangan Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo, mengatakan pihaknya saat ini belum bisa berbuat apa pun. Dia hanya melihat dan mendengar dahulu. Jika nanti dilantik, pihaknya bakal keliling melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat.

"Untuk saat ini kita belum bisa buat apa-apa. Kita hanya melihat dan mendengar dulu, kalaupun sudah dilantik nanti ya kita akan keliling ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Medan untuk melihat dan mendengar langsung, apa keluhan dari masyarakat yang memang bisa kita selesaikan dengan cepat," ujar Aulia.

Aulia mengaku permasalahan banjir menjadi fokus utama pihaknya setelah dilantik nanti. Pihaknya bakal mengecek drainase-drainase yang di Medan.

"Itu memang fokus yang dilakukan oleh Pak Wali kita, Bobby Nasution. Karena memang komitmen awal bersama beliau ingin melihat kondisi drainase yang ada di Kota Medan saat ini. Karena jalan itu menjadi skala prioritas yang kedua, karena kalau jalan itu diperbaiki, drainasenya juga nggak diperbaiki akan membuang anggaran," ujar Aulia.

"Jadi Pak Wali kita, Pak Bobby, memang lebih fokus ke masalah penanganan banjir untuk saat ini di Kota Medan," sebut Aulia.

Aulia menyebut hal tersebut merupakan pekerjaan berat nantinya. Pihaknya pun bakal mencari tindakan yang cepat agar dampaknya berkurang.

"Inilah PR berat bagi kita berdua, dan terkhusus Pak Bobby sendiri ingin melakukan satu tindakan yang cepat agar ada dampak berkurang. Karena Tahun 2021 ini, anggaran bukan anggaran pemerintah kita yang mengajukan semuanya. Anggaran pemerintahan yang lama. Jadi beliau mungkin nanti akan fokus di P-APBD nanti," ucap Aulia.

Sejak kapan terjadi banjir di Medan? Selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2