Round-Up

Dukungan ke Komjen Sigit Usai Novel Baswedan Ungkap Faksi di Polri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 22:01 WIB

NasDem

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi NasDem Ahmad Ali mengaku tidak mengetahui terkait faksi itu, namun menurutnya institusi kepolisian solid.

"Yang saya tahu malah ya cuma satu saja. Jadi sekarang faksinya Kapolri Pak Idham, besok kalau Pak Sigit jadi Kapolri ya faksinya Pak Sigit. Mungkin Pak Novel orang institusi kepolisian mungkin punya pandangan lain. Saya sih tidak melihat secara detail itu ya, saya yakin kok insyaallah polisi solid ya, menjaga kamtibmas," kata Ali ketika dihubungi, Sabtu (16/1/2021).

Lagi pula, menurut Ali, kepolisian bukan institusi politik, yang ada proses dukung-mendukung. Dia menyebut Kapolri diutus langsung oleh Presiden, bukan dari anggotanya.

"Kepolisian kan bukan institusi politik, bukan dukung-mendukung karena Kapolri itu bukan dipilih oleh anggota polisi, tapi Kapolri itu dipilih oleh presiden," ujarnya.

"Artinya, ketika presiden sudah menentukan pilihannya, semua orang harus bersatu untuk menyukseskan visi polisi. Karena, begitu presiden menunjuk, secara otomatis terkonsolidasi," lanjut Ali.

PKS

Sedangkan PKS menilai anggapan Novel itu wajar sebagai mantan polisi.

"Novel itu kan mantan polisi. Beliau mungkin lebih tahu. Kalau yang saya ketahui, nggak ada faksi-faksi. Kalau angkatan, ada. Angkatan Pak Tito misal angkatan berapa, Pak Idham juga angkatan berapa. Jadi kalau faksi-faksi yang disebut itu, saya nggak tahu," kata anggota Komisi III Fraksi PKS Ahmad Dimyati Natakusumah ketika dihubungi, Sabtu (16/1/2021).

Namun, kalaupun ada faksi, Dimyati yakin calon Kapolri Komjen Sigit dapat merangkul semua. Sebab, menurutnya, Komjen Sigit dipilih oleh Presiden Jokowi, yang membawa visi-misi sesuai dengan arahan.

"Saya yakin Pak Sigit dalam posisi yang bisa merangkul semua pihak, jadi betul-betul beliau satu komando dengan Presiden. Presiden kan nggak ada kelompok A kelompok B, presiden milik bangsa," ujarnya.

Polri

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono pun turut menanggapi isu ini. Dia menegaskan bahwa Polri saat ini solid dalam menjaga ketertiban di masyarakat.

"Polri organisasi yang bersama-sama memajukan bangsa. Kami solid menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Sabtu (16/1/2021).

Halaman

(rdp/idh)